Langsung ke konten utama

highsnobiety X bootlegculture

Judulnya mohon dimaafkan, BC lagi belajar bikin clickbait. Namun ada alasan kok kenapa BC ngasih judul kaya gitu.

Entah karena jodoh atau gimana ya, sekitar 2 minggu setelah bootlegculture menetas, highsnobiety TV ngerilis serial dokumenter pertama mereka yang diberi nama Counterfeit Culture. Kamu bisa kepo langsung ke webnya atau nih BC terjemahin suka-suka tapi ya:

Beberapa tahun terakhir, Korea (Selatan) menjadi salah satu market fashion yang paling pesat perkembangannya di dunia. Semua orang di sana seperti terobsesi dengan fashion, dan sudah banyak desainer bertalenta dari Korea yang juga go internesyenel.

Walau begitu, di balik semua kegemerlapan itu, item-item fashion, terutama streetwear yang kw / palsu / fake / counterfeit juga jadi berkembang pesat juga di sana. Ada satu komplek di Seoul di mana di sana khusus jualan bajakannya brand-brand hype seperti Raf Simons, Off-White, Balenciaga, Fear of God, dan Yeezy.

Counterfeit Culture: Korea merupakan dokumenter pertama dari Highsnobiety, isinya ya tentang eksplorasi pasar fake streetwear di Korea. Counterfeit Culture (singkat CC aja lah, males kepanjangan) juga mengungkap sisi kultural dan sosial yang ikut ngebentuk fashion Seoul yang unik. Korea itu negara yang terobsesi dengan trend.

CC juga membuktikan bahwa street culture itu lagi merajalela secara global banget saat ini. Di semua pojokan di dunia ini, kamu bakal bisa nemu orang-orang dengan streetwear. Itulah yang akan disajikan di episode selanjutnya dari CC.

UPDATE: EPISODE 2!

Counterfeit Culture sudah merilis episode 2 nih, kali ini ya tentang fake streetwear di Russia, tepatnya di Moskow. Karena kontennya banyak dan videonya belum diupload di YouTube (alias masih di server mereka), jadi BC kasih tautannya aja ya.

Counterfeit Culture: Moscow




Tujuannya CC sedikit banyak mirip dengan salah satu tujuan kami bikin BC. Namanya pun mirip.

bootlegculture, kalau dibedah secara harfiah...

'bootleg' memang banyak artinya, tapi yang dimaksud dalam konteks kali ini adalah... apa ya. Gampangnya bootleg itu sesuatu yang tidak original, alias tiruan. KW. Palsu.

Sedangkan 'culture' ya budaya.

Apa ya... Di Indonesia, semua yang berkaitan dengan barang bootleg itu seakan sudah mendarah daging. Tidak ada yang salah dengan memakai, membeli, menjual produk KW.

Beda dengan di... mana ya. Katakanlah, Paris. Yang waktu masuk imigrasi di bandara saja bakal dilucuti kalau ketahuan pakai produk fake (ok, ini aib, but pengalaman salah seorang... ada lah).

Bahkan, pengguna produk kw di Indonesia menjadi mayoritas. Minoritas, yang berjuang menggunakan produk original, acapkali dianggap sombong.

  • Ah ngapain beli sepatu / baju / tas / dll. mahal-mahal. Yang penting fungsinya. Apalagi sepatu, mahal-mahal kok diinjak-injak.

  • Iya sih duit-duit lo sendiri emang. Tapi kenapa gak dibuat sedekah?

  • Bedanya gak jauh kok kw sama ori.

  • Sok suci lo pake nyombongin fashion ori lo di IG. Emang Windows lo ori? Spotify ori? Masih suka download film bajakan?


Maha benar society (dan netizen) dengan segala perkataannya.

Tidak, ini bukan curhat. Segenap tim bootlegculture juga tidak se-idealis itu. Kami juga tidak ngejudge #TimOri maupun #TimKW karena itu pilihan masing-masing individu.

Justru, tujuan bootlegculture ini ingin membahas semuanya. Atas dasar suka. Suka belanja, suka mengamati. Sebagai manusia yang sejak lahir hidup di negara super konsumtif bernama Indonesia, ya inilah yang kami lakukan.

*kemudian lupa tadi mau ngetik apa lagi. gitu lah intinya, gak usah diperpanjang. nikmatin aja bootlegculture! yang betah ya, yang lama ya mampirnya. terima kasih #kecupbasah *

Secara eksplisit, postingan ini maunya sih menjelaskan tentang origin dari bootlegculture sekaligus ngasih referensi tontonan menarik, ya itu. Counterfeit Culture: Korea.

Bukan tidak mungkin, suatu saat Highsnobiety beneran ngajak BC untuk collab dan bikin salah satu episode CC di kota produsen produk bajakan terbesar di Indonesia... Bandung?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ciri-ciri Kaos GUESS asli

Ciri-ciri kaos Guess asli. Tidak harus beli di official store ~ Kalau kamu ingin kaos branded yang satu ini sebenarnya tidak harus membeli di official store untuk mendapatkan yang original. Ada beberapa seller yang menjual produk asli juga bahkan secara online. Yang terpenting adalah kamu tahu bagaimana cara membedakan antara yang KW dan yang asli. Brand Guess sendiri memiliki banyak kategori produk. Selain kaos untuk pria dan wanita, kamu juga dapat menemukan berbagai fashion lainnya di bawah brand yang satu ini. Bahkan Guess juga memproduksi fashion untuk anak-anak, termasuk aksesoris, seperti tas, jam tangan, hingga ikat pinggang. Jika kamu hendak membeli item yang dibuat oleh Guess maka kamu harus ekstra hati-hati. Sebab banyak sekali Guess KW yang dijual. Apalagi yang dijual secara online. Jika tidak tahu cara membedakan yang tepat, bisa-bisa kena tipu banyak. Oke langsung aja ya… Ciri-ciri kaos Guess yang asli Lihat kualitas bahan yang digunakan Kamu dapat melihat kualitas dari b

Ciri-Ciri Tas Kenzo Asli: Bagaimana Supaya Kamu tak Tertipu

Kenzo Paris adalah produsen produk fashion untuk wanita dan pria. Mulai tas wanita, backpacks, hingga sunglasses juga diproduksi oleh Kenzo. Sekarang kami tidak akan membahas produk lainnya. Fokus pembahasan adalah tasnya. Mirip dengan brand lainnya yang tidak kalah terkenal, ternyata brand Kenzo ini juga banyak yang fakenya dijual di pasaran. Terkecuali membeli di website resminya di Kenzo.com, mal, atau distributor resmi yang lain. Maka tak menutup kemungkinan kamu salah membeli produk yang palsu. Untuk membedakan mana tas Kenzo yang asli dan yang palsu, sebenarnya hampir sama seperti cara membedakan tas branded lainnya. Oke tanpa panjang lebar, akan kami tuliskan lagi supaya kamu tak salah beli, antara lain: Membedakan tas selempang KW contoh tas Kenzo KW super Nah produk yang paling banyak dicari di Indonesia dari brand Kenzo adalah tas selempangnya. Atau biasanya banyak penjual online yang menuliskan nama produk di lapaknya waistbag. Sebenarnya dengan sekali lihat kamu sudah tahu

Ciri-ciri kaos Play Comme des Garçons original

Ciri-Ciri Kaos CDG Play Asli. Ini Yang Harus Kamu Check ~ Brand ini merupakan brand yang berasal dari negara Prancis. Tahu sendiri kan kalau negara Prancis itu terkenal dengan fashionnya yang mendunia. Banyak desain-desain yang bagus, mulai dari pakaian hingga sepatu. Tetapi sekarang yang akan kita bahas adalah produk kaosnya. Memang Comme des Garcons ini juga memproduksi T-Shirt. Jangan salah walaupun hanya T-Shirt tetapi harganya bisa jutaan rupiah, itu kalau yang asli. Kalau yang palsu harganya lebih murah. Sebelum membahas lebih jauh, kamu harus tahu kalau CDG ini tidak hanya memproduksi T-Shirt saja tetapi juga berbagai produk fashion lainnya seperti aksesoris dan parfum. Walaupun brand ini adalah brand Prancis tetapi berbagai produk fashion CDG sangat terkenal di negara sakura dan juga di Asia, termasuk di Indonesia. Jika kamu hendak membeli kaos CDG Play, baca dulu nih beberapa ciri-ciri yang original agar tidak terjebak membeli yang bajakan ya. Daftar ciri-ciri kaos CDG Play as