Langsung ke konten utama

Cara membersihkan sneakers (Converse) putih

Setidaknya bagi BC, ada perasaan puas banget saat beli sepasang sneakers putih baru. Perasaan itu hilang sesaat ketika sneakers putih bersih kita mulai ternodai. Nenek-nenek aja paham lah ya kalau sepatu putih itu gampang banget kotor. Bagaikan magnet terhadap debu dan kotoran, sepatu warna putih merupakan salah satu fashion item yang sulit banget dirawat agar senantiasa terlihat seperti baru, tidak memungkiri kalau sepatu putih sudah jadi wardrobe staple. Setidaknya bagi BC :P

Salah satunya adalah Converse Chuck Taylor (harga orinya berkisar Rp650.000), sepasang sneakers klasik yang tak lekang oleh waktu. Tenang saja, BC dapat cara cepat dan mudah untuk membersihkan sepatu Converse putih, sneakers old-school favorit kamu akan kembali seperti baru dengan cepat.

Btw, membersihkan di sini konteksnya mencuci ya. Jadi basah-basahan gitu, tidak sekadar melap sepatu dengan lap kering.

Converse Chuck Taylor Hi White

Berikut empat langkah mudah untuk membersihkan sepatu (Converse) warna putih.

Menyiapkan larutan pembersih


Material utama dari sepatu ini adalah kanvas, yang artinya si Converse putih akan mudah dibersihkan dengan berbagai macam pembersih kain/bahan. Punya waktu lebih, ingin berkreasi, dan malas beli cairan pembersih sepatu? DIY aja, bahan-bahan larutannya gak susah dicari kok:

Cukup campur dua gelas air hangat dengan dua sendok teh deterjen untuk laundry (shampoo atau sabun cuci piring juga bisa sih, satu colekan aja) dalam sebuah mangkok, baskom, ato wadah apa aja deh terserah. Untuk membersihkan tali sepatumu, sediakan wadah yang lebih kecil dan rendam tali sepatu dalam cairan pembersih yang sama sembari kamu mengucek, eh, membersihkan sepatumu.

Update: Kabarnya deterjen kurang bagus untuk bersihin upper sepatu, kalau untuk midsole dan outsole masih oke. Namun, BC saat ini masih pake deterjen, karena kalau shampoo kemahalan #pelit dan sabun cuci piring nanti dimarahin emak.

Gosok gosok gosok


Apakah kamu hendak menghilangkan bekas menginjak rumput/tanah, kotoran, atau yang lainnya, kuncinya ada di seberapa kuat dan alat penggosok sepatunya. Ambil sikat (atau semacam lap piring tapi yang permukaannya kasar) dan mulailah bekerja.

Secara berkala, celupkan sikat di dalam wadah kedua yang isinya air bersih (tidak mengandung sabun) jadi biar tetap bersih. Untuk membersihkan sol sepatu yang berbahan dasar karet, cari dan gunakan sikat gigi lama karena lebih efektif untuk membersihkan semua kotoran yang terselip di bagian-bagian sol.

Lap sepatumu


Dengan menggunakan lap yang bersih dan basah, bilaslah sneakers kamu, mirip kegiatan seka lah. Tahap ini akan membantu membersihkan sepatu dari kotoran yang mungkin masih tersisa dan residu dari cairan pembersih.

Jika sudah, jejali sepatumu dengan koran kering. Ini akan membantu sneakers tetap pada bentuknya dan menyerap kelembapan berlebih.

Atau, cara membersihkan sepatu yang lebih mudah


Ada dua cara tambahan yang bisa kamu coba untuk membersihkan Converse putihmu bagi kamu-kamu yang tidak punya waktu, kesabaran, atau malas lah pokoknya.

Pertama, cucilah sneakers Converse putih kamu di dalam mesin cuci. Untuk metode ini, triknya adalah mencuci Chucks kamu dalam mesin cuci dengan putaran rendah dan tali sepatu dilepas, menggunakan sekitar setengah cup deterjen.

Kedua, dengan metode alat pencuci piring yang mirip dengan sebelumnya. Kalau kamu punya alatnya tapi lho pastinya. Letakkan sneakers kamu yang sudah dicopot talinya secara terbalik di rak paling atas alat pencuci piring dan nyalakan proses pencucian. Just in case, jangan dicampur sama nyuci hal-hal lain lho.

Untuk kedua metode di atas, biarkan sepatu mengering sendirinya (diangin-anginkan), tetap disertai koran-koran yang dijejali di dalam untuk menjaga bentuk asli sepatu. Kenapa ini penting? Karena dalam banyak kasus, setelah dicuci, sepatu jadi kehilangan bentuk aslinya yang gagah, jadi lemas alias letoy #TrueStoryBro.

Selamat mempraktekkan!
Bonus: bukti foto sebelum dan sesudah~

https://twitter.com/sarahtraceyy/status/919627555732275200

Eh, masih males juga? Ya dah, cuciin aja ke jasa pencucian sepatu kesayangan di kotamu. Kalau ada rejeki berlebih ya pilih deep cleaning, namun bukan berarti ga boleh pilih fast cleaning kok.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ciri-ciri Kaos GUESS asli

Ciri-ciri kaos Guess asli. Tidak harus beli di official store ~ Kalau kamu ingin kaos branded yang satu ini sebenarnya tidak harus membeli di official store untuk mendapatkan yang original. Ada beberapa seller yang menjual produk asli juga bahkan secara online. Yang terpenting adalah kamu tahu bagaimana cara membedakan antara yang KW dan yang asli. Brand Guess sendiri memiliki banyak kategori produk. Selain kaos untuk pria dan wanita, kamu juga dapat menemukan berbagai fashion lainnya di bawah brand yang satu ini. Bahkan Guess juga memproduksi fashion untuk anak-anak, termasuk aksesoris, seperti tas, jam tangan, hingga ikat pinggang. Jika kamu hendak membeli item yang dibuat oleh Guess maka kamu harus ekstra hati-hati. Sebab banyak sekali Guess KW yang dijual. Apalagi yang dijual secara online. Jika tidak tahu cara membedakan yang tepat, bisa-bisa kena tipu banyak. Oke langsung aja ya… Ciri-ciri kaos Guess yang asli Lihat kualitas bahan yang digunakan Kamu dapat melihat kualitas dari b

Ciri-Ciri Tas Kenzo Asli: Bagaimana Supaya Kamu tak Tertipu

Kenzo Paris adalah produsen produk fashion untuk wanita dan pria. Mulai tas wanita, backpacks, hingga sunglasses juga diproduksi oleh Kenzo. Sekarang kami tidak akan membahas produk lainnya. Fokus pembahasan adalah tasnya. Mirip dengan brand lainnya yang tidak kalah terkenal, ternyata brand Kenzo ini juga banyak yang fakenya dijual di pasaran. Terkecuali membeli di website resminya di Kenzo.com, mal, atau distributor resmi yang lain. Maka tak menutup kemungkinan kamu salah membeli produk yang palsu. Untuk membedakan mana tas Kenzo yang asli dan yang palsu, sebenarnya hampir sama seperti cara membedakan tas branded lainnya. Oke tanpa panjang lebar, akan kami tuliskan lagi supaya kamu tak salah beli, antara lain: Membedakan tas selempang KW contoh tas Kenzo KW super Nah produk yang paling banyak dicari di Indonesia dari brand Kenzo adalah tas selempangnya. Atau biasanya banyak penjual online yang menuliskan nama produk di lapaknya waistbag. Sebenarnya dengan sekali lihat kamu sudah tahu

Ciri-ciri kaos Play Comme des Garçons original

Ciri-Ciri Kaos CDG Play Asli. Ini Yang Harus Kamu Check ~ Brand ini merupakan brand yang berasal dari negara Prancis. Tahu sendiri kan kalau negara Prancis itu terkenal dengan fashionnya yang mendunia. Banyak desain-desain yang bagus, mulai dari pakaian hingga sepatu. Tetapi sekarang yang akan kita bahas adalah produk kaosnya. Memang Comme des Garcons ini juga memproduksi T-Shirt. Jangan salah walaupun hanya T-Shirt tetapi harganya bisa jutaan rupiah, itu kalau yang asli. Kalau yang palsu harganya lebih murah. Sebelum membahas lebih jauh, kamu harus tahu kalau CDG ini tidak hanya memproduksi T-Shirt saja tetapi juga berbagai produk fashion lainnya seperti aksesoris dan parfum. Walaupun brand ini adalah brand Prancis tetapi berbagai produk fashion CDG sangat terkenal di negara sakura dan juga di Asia, termasuk di Indonesia. Jika kamu hendak membeli kaos CDG Play, baca dulu nih beberapa ciri-ciri yang original agar tidak terjebak membeli yang bajakan ya. Daftar ciri-ciri kaos CDG Play as