Langsung ke konten utama

adidas ZX 500 RM OG (Review)

Oke, tanpa banyak cingcong, sepatu yang akan direview adalah adidas zx 500 RM (og colorway). Sepatu ini adalah rilisan pertama zx 500 RM bersama dengan satu warna lainnya (dark grey/pink).

RM itu apa sih? ReModel/ReMake/ReMasterized? Sah saja dan tidak salah berkata demikian. Tetapi, berdasarkan keterangan dari Till Jagla (salah seorang di balik sepatu ini), RM adalah singkatan dari Resto-Mod (perhaps, it comes from restored and modernized). Sepatu ini didesain bagi para sneakerheads (wis berarti aku sneakerhead saiki) yang mendambakan vintage-look dengan teknologi terbaru.

Story


[gallery type="slideshow" link="file" size="large" td_select_gallery_slide="slide" ids="959,957,956"]

Zx 500 og rilis pertama kali di tahun 1984, mungkin seri zx pertama yang dilempar ke pasaran (CMIIW). Didesain untuk marathon jarak menengah-jauh (gak paham kalo sekarang masih ada yang seneng pake ginian buat marathon). Sempat hiatus, zx 500 dirilis kembali di tahun 2012 bertemakan Tabula Rasa dan mengangkat seri Consortium. Selanjutnya rilis dalam beberapa seri consortium (Shaniqwa Jarvis, Quote, OG colorway), mastermind, dan beberapa rilisan biasa (termasuk beberapa collabs biasa). Setelah vakum lagi untuk beberapa lama, muncullah sang cicit yang akan kita review ini. FYI menurut Till Jagla, project untuk sepatu ini berjalan selama 18 bulan. Wow!! (Biasa aja kali). Oke next!

Upper


adidas ZX 500 RM OG front

Upper sepatu ini terdiri dari material sebagaimana komponen utama og nya (Suede, mesh, and nylon). Dan juga yang pasti the iconic D-lace system (salah satu pembeda antara zx500 og dan zx500). Ditambah model heel notch runner zaman now (cekung ke belakang gak ngerti namanya) berbahan synthetic.

a. Suede


Suede yang digunakan ISTIMEWA menurut saya. Berasa kualitas NB made in USA. Saya coba compare dengan beberapa zx 500 og consortium yang lainnya juga tetep lebih bagus di zx 500 RM. Posisi suede ada di bagian toe, eyelet, heel stabilizer, and middle side seperti og nya.

b. Mesh


Mesh lebih tebal dan tidak breathable seperti og atau seri consortium karena ada lapisan di dalamnya. Positifnya sih shape akan lebih terjaga karena mesh nya nggak 'loyo'.

c. Nylon


Nylon yang digunakan lebih fleksibel dan lebih lembut dibandingkan seri biasa/consortium dan juga lebih tebal karena dilapisi dengan jaring-jaring di bagian dalam (untuk bagian medial side).

d. Laces


Laces jauh lebih bagus dari laces zx500 biasanya yang tipis dan loyo. Yang ini lebih tebal dan proporsional.

Midsole dan Outsole


[gallery type="slideshow" link="none" size="large" td_select_gallery_slide="slide" ids="948,949,951,952,958,955"]

Midsole seperti terlihat dengan jelas adalah full-length boost yang pastinya meluber sampai +-1cm dari heel counter. Ditambah juga sisipan di midsole dengan EVA foam di depan dan belakang serta plastik (TPU maybe) as a heel counter. Menurut saya, ini memang untuk menjaga look nya agar tetap kelihatan vintage runner dengan shape asli.

Outsole berbahan rubber hitam dengan tetap berkesan Resto-Mod dari outsole og nya. Namun ada bolong-bolong untuk boostnya (hmm mesti langsung nyuci bar dinggo). Ada logo dan tulisan adidas juga di outsole.

Lining & Insole


[gallery type="slideshow" link="none" size="large" td_select_gallery_slide="slide" ids="953,954"]

Lining berbahan nylon lembut berwarna abu muda. Sisi tengah sepatu bagian dalam diberi lapisan jaring-jaring yang menurut saya fungsinya untuk membentuk sepatu menjadi kokoh shape nya (very good idea). Ini juga mempengaruhi fit sepatu di bagian medial side menjadi lebih fit.

Tounge juga berbahan nylon dan menyatu jadi nggak mudah pindah-pindah berantakan ketika dipakai.

Insole dengan printing adidas dan berbahan semacam kain. Dan empuk tidak seperti zx500 biasanya (even consortium outsole ya atoss).

Sizing


Sizing sepatu ini true to size menurut saya. Berbeda dengan zx 500 og biasanya yang mesti downsize karena fit bigger (longer). Saya nyaman menggunakan zx500 og biasa size 9uk(43 1/3) tapi sepatu ini size 9.5uk (44) pas dan nyaman. Even kalau pakai 10uk (44 2/3) juga saya kira masih sangat pas.


Demikianlah akhir review saya terhadap sepatu ini. Semoga bermanfaat. Enjoy! (/Review oleh mas Bagus Dwi Prasaja)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ciri-ciri Kaos GUESS asli

Ciri-ciri kaos Guess asli. Tidak harus beli di official store ~ Kalau kamu ingin kaos branded yang satu ini sebenarnya tidak harus membeli di official store untuk mendapatkan yang original. Ada beberapa seller yang menjual produk asli juga bahkan secara online. Yang terpenting adalah kamu tahu bagaimana cara membedakan antara yang KW dan yang asli. Brand Guess sendiri memiliki banyak kategori produk. Selain kaos untuk pria dan wanita, kamu juga dapat menemukan berbagai fashion lainnya di bawah brand yang satu ini. Bahkan Guess juga memproduksi fashion untuk anak-anak, termasuk aksesoris, seperti tas, jam tangan, hingga ikat pinggang. Jika kamu hendak membeli item yang dibuat oleh Guess maka kamu harus ekstra hati-hati. Sebab banyak sekali Guess KW yang dijual. Apalagi yang dijual secara online. Jika tidak tahu cara membedakan yang tepat, bisa-bisa kena tipu banyak. Oke langsung aja ya… Ciri-ciri kaos Guess yang asli Lihat kualitas bahan yang digunakan Kamu dapat melihat kualitas dari b

Ciri-Ciri Tas Kenzo Asli: Bagaimana Supaya Kamu tak Tertipu

Kenzo Paris adalah produsen produk fashion untuk wanita dan pria. Mulai tas wanita, backpacks, hingga sunglasses juga diproduksi oleh Kenzo. Sekarang kami tidak akan membahas produk lainnya. Fokus pembahasan adalah tasnya. Mirip dengan brand lainnya yang tidak kalah terkenal, ternyata brand Kenzo ini juga banyak yang fakenya dijual di pasaran. Terkecuali membeli di website resminya di Kenzo.com, mal, atau distributor resmi yang lain. Maka tak menutup kemungkinan kamu salah membeli produk yang palsu. Untuk membedakan mana tas Kenzo yang asli dan yang palsu, sebenarnya hampir sama seperti cara membedakan tas branded lainnya. Oke tanpa panjang lebar, akan kami tuliskan lagi supaya kamu tak salah beli, antara lain: Membedakan tas selempang KW contoh tas Kenzo KW super Nah produk yang paling banyak dicari di Indonesia dari brand Kenzo adalah tas selempangnya. Atau biasanya banyak penjual online yang menuliskan nama produk di lapaknya waistbag. Sebenarnya dengan sekali lihat kamu sudah tahu

Ciri-ciri kaos Play Comme des Garçons original

Ciri-Ciri Kaos CDG Play Asli. Ini Yang Harus Kamu Check ~ Brand ini merupakan brand yang berasal dari negara Prancis. Tahu sendiri kan kalau negara Prancis itu terkenal dengan fashionnya yang mendunia. Banyak desain-desain yang bagus, mulai dari pakaian hingga sepatu. Tetapi sekarang yang akan kita bahas adalah produk kaosnya. Memang Comme des Garcons ini juga memproduksi T-Shirt. Jangan salah walaupun hanya T-Shirt tetapi harganya bisa jutaan rupiah, itu kalau yang asli. Kalau yang palsu harganya lebih murah. Sebelum membahas lebih jauh, kamu harus tahu kalau CDG ini tidak hanya memproduksi T-Shirt saja tetapi juga berbagai produk fashion lainnya seperti aksesoris dan parfum. Walaupun brand ini adalah brand Prancis tetapi berbagai produk fashion CDG sangat terkenal di negara sakura dan juga di Asia, termasuk di Indonesia. Jika kamu hendak membeli kaos CDG Play, baca dulu nih beberapa ciri-ciri yang original agar tidak terjebak membeli yang bajakan ya. Daftar ciri-ciri kaos CDG Play as