Langsung ke konten utama

Jadi... Nike Cortez Forrest Gump XLV ini ori apa fake sih???


2017 lalu, Nike merayakan anniversary ke-45 tahun dirilisnya Cortez 72 "Forrest Gump" dengan merilis ulang sneaker tersebut dan banyak dikenal khalayak dengan berbagai sebutan dan embel-embel, pokoknya yang mengandung kata-kata seperti: Nike Classic Cortez OG/Forrest Gump White/Varsity Royal-Varsity Red XLV/45th Anniversary/Birthday Edition/XLV SE. Tergantung kreativitas seller.





Ngapain ngebahas sneaker keluaran 2017? Well, ini karena sekitar 2-3 bulan terakhir banyak muncul lagi nih. Kenapa baru muncul sekarang? Kenapa begini? Kenapa begitu?





Pembuka





tl;dr ALERT: bisa di-skip ke segmen berikutnya.
Belakangan ini bahasannya kontroversial semua ya. Lama-lama bootlegculture ganti nama aja lah ke Lambe Sneakers. Ada yang mau modalin bc buat bikin channel YouTube ga? Biar kalo curhat-curhat gini di yutup aja gitu.





Nike Cortez Forrest Gump ini salah satu sneaker yang masuk wishlist bc sebelum negara api menyerang. Iya memang ndeso, baru sempat nonton film Forrest Gump (1994) sekitar 1,5 tahun lalu dan langsung naksir sepatunya. Akhirnya ya mirip-mirip Fila Disruptor, masuk wishlist tapi akhirnya gak jadi beli karena udah banyak banget yang make. Sampai akhirnya keinginan untuk beli memuncak lagi sekitar 3 bulan terakhir (karena banyak olshop yang ngeracuni).





Thank God karena lagi miskin, jadi gak beli-beli, dan di IST pada share ilmu kaya gini sebelum khilaf beli. Ya mungkin gatau kapan bisa jadi bc beli nih sepatu, tapi yang pasti ori dong. Kalo perlu dapat bonus tanda tangan dari Tom Hanks langsung.





t hanks a lot tom hanks
pls forgive me and i hope y'all understand the reference so i don't look that stupid




Jadi, Cortez XLV yang dijual akhir-akhir ini itu ori atau fake?





Kalau Cortez XLV incaran kamu, seller (dan barang dagangan)nya punya ciri-ciri seperti ini:





  • Kisaran harga: 800 ribuan hingga 1 juta
  • BNIB full set (sampe ke happy anniversary card juga ada)
  • Size banyak tersedia (36-44) sampe kadang half size juga ada
  • Gak pake real pic alias foto/video dari Google




Atau penampakannya seperti ini:









Bisa jadi itu fake.





Side-by-side comparison ori vs. fake





Persamaan: Bahan sama-sama tumbled leather aka material kulit jeruk; insole (sepertinya) sama





Swoosh









Original:
Swoosh gak terlalu mepet ke bawah
Garis biru di midsole panjangnya melebihi swoosh merah





Midsole









KW:
Midsole terlalu tinggi





Heel





Fake Cortez XLV “made in Indonesia” kutil




Kalo anak IST nyebutnya ada daging tumbuh atau kutil. Perhatiin aja bagian yang dilingkari yak!





Box









Trus gimana biar bisa dapat XLV yang asli?





  1. Jangan mudah tergiur barang limited plus harga murah. Sungguh kombinasi yang langka soalnya.
  2. "Wah made in Indonesia nih pasti ori, kan pabrik Nike ada di Indo." "Wah art code tembus berarti ori".
    NO. JANGAN TERPAKU PADA MADE IN DAN ART CODE. BERLAKU UNTUK SEMUA SEPATU.
  3. Toko trusted (bahkan yang sudah direkomendasi influencer lain atau di postingan ini) gak jamin. bc dan member IST lain pernah liat di IG ada seller pemain lama yang jual XLV "made in Indonesia" ini juga. Entah ga paham ato gimana.
  4. Beli di retailer resmi. Ada yang berhasil beli di salah satu outlet Our Daily Dose (Grand Indonesia) dengan harga sekitar Rp1,2 juta. Ada juga yang beli di ODD pas sale, sekitar Rp900 ribu.
  5. Kalopun beli di olshop-olshop IG misal, minta real pic sedetail mungkin (yang sopan yaa jangan kaya preman hehehehehe). Ya resiko dijutekin seller bahkan diblock, tapi seller yang jualan ori harusnya bakal ngejabanin sih.
  6. Lebih teliti.
  7. Lebih teliti.
  8. Lebih teliti.




Atau bisa juga gini, kalo kepengen banget Cortez Forrest Gump, bisa beli versi yang biasa alias yang bukan XLV. 2nd atau bnwb ya gpp daripada terjebak bnib full set tapi zonk :(





Update, September 2019.





Tidak sengaja nongol di explore Instagram. Ya sudah. Sebagai tambahan aja. Jadi, kan di atas udah dibahas sedikit kalau salah satu ciri-ciri yang mencurigakan adalah adanya kutil atau daging tumbuh di bagian belakang. Nah, di IG tadi ada seller yang jual penampakannya begini. Bawaan bc yang suka julid aja jadi nganggep itu kutil kayak dipotong. But hey, idk. Sila dinilai sendiri hehe. Kalau begini, kira-kira ori atau perlu ditelisik lebih dalam hayooo?





cortez forrest gump update




bc gak nggiring opini ya. Semoga bermanfaat, tetap bijak, dan peace out!





[sc name="disclaimer"]

Komentar

  1. sore
    kebetulan nike cortez ini masih masuk di wishlist saya
    di salah satu artikel Anda, yaitu Rekomendasi toko online sepatu ori terpercaya kan ada www.3fsnkr.com
    ternyata cortez XLV BNWB juga ada, dan kalau dari sekilas pakai jurus Anda membedakan yg asli dan KW, keliatannya sih KW tapi di deskripsi di tulis jelas 100% ori
    apakah kalau gini juga masih masuk list rekom toko online ori terpercaya gan?

    BalasHapus
  2. halo
    kalo soal itu, kami udah sertakan di akhir2 artikel yang poin nomor 3 dan di laman http://bootleg.poloskaos.com/disclaimer

    bukan hanya agan, tapi kami juga menjumpai lebih dari 1 toko/pemain lawas yang jual ini. entah mereka ga tau, pengen cuan aja, ato alesan lain.

    sy pribadi pernah kok beli adidas hamburg di 3fsnkr 2 tahun yg lalu dan barangnya ori bnib. cortez forrest gump juga masih di wishlist, cuman ntar beli yg classic aja bukan yg XLV lah biar lebih tenang hati ini ?

    intinya, yg jelas, kami udah bikin disclaimer sih, kami jg gabisa ngatur apa aja yang harus dijual seller. yg kita bisa lakukan ya lebih selektif aja. kalo butuh arahan lebih lanjut bisa kontak sesepuh2 di IST gan, mereka jauh lebih tau daripada saya. saya tau gonjang ganjing ini juga dari IST.

    BalasHapus
  3. Ngapain ngebahas sneaker keluaran 2017? Well, ini karena sekitar 2-3 bulan terakhir banyak muncul lagi nih. Kenapa baru muncul sekarang? Kenapa begini? Kenapa begitu?

    bagian yang ini knp g dijelasin gan... kenapa booming bgt olshop jual2 ini?

    BalasHapus
  4. Sotoyku sih, karena si pabrik kw / distributor baru kelar produksi. Atau gara2 hype cortez forrest gump (yg classic) juga naek selama beberapa bulan terakhir..

    High demand (hype) leads to high supply, I guess.

    Alasan pastinya hanya produsen dan distributor yang tahu

    BalasHapus
  5. https://www.instagram.com/p/BpWZjWYjifh/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=6ezic8ish50d

    menurut situ cortez classic ini legit gak?

    BalasHapus
  6. kalo menurut agan xlv di 3fsnkr oei apa fake?

    BalasHapus
  7. IST itu apa gan? Mau cari info juga dong disana

    BalasHapus
  8. komunitas gan, Indonesia Sneaker Team :D

    https://www.instagram.com/indosneakerteam_/
    https://www.facebook.com/groups/272218126144932/

    BalasHapus
  9. Fake ini mah. Yg ori sempet nongol jg di bbrp seller online th 2017. Yg akhir2 th 2018 kmren itu fake, mending ngincer yg biasa

    BalasHapus
  10. ane beli sekitar harga 1jt dan ART BARCODE nya itu kotak bukan panjang gitu gan , tpi kotak

    BalasHapus
  11. https://uploads.disquscdn.com/images/3069f845f956efcf8ffb43f0a73fa284a5745fb6b63b0379826780cc73383869.jpg

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ciri-ciri Kaos GUESS asli

Ciri-ciri kaos Guess asli. Tidak harus beli di official store ~ Kalau kamu ingin kaos branded yang satu ini sebenarnya tidak harus membeli di official store untuk mendapatkan yang original. Ada beberapa seller yang menjual produk asli juga bahkan secara online. Yang terpenting adalah kamu tahu bagaimana cara membedakan antara yang KW dan yang asli. Brand Guess sendiri memiliki banyak kategori produk. Selain kaos untuk pria dan wanita, kamu juga dapat menemukan berbagai fashion lainnya di bawah brand yang satu ini. Bahkan Guess juga memproduksi fashion untuk anak-anak, termasuk aksesoris, seperti tas, jam tangan, hingga ikat pinggang. Jika kamu hendak membeli item yang dibuat oleh Guess maka kamu harus ekstra hati-hati. Sebab banyak sekali Guess KW yang dijual. Apalagi yang dijual secara online. Jika tidak tahu cara membedakan yang tepat, bisa-bisa kena tipu banyak. Oke langsung aja ya… Ciri-ciri kaos Guess yang asli Lihat kualitas bahan yang digunakan Kamu dapat melihat kualitas dari b

Ciri-Ciri Tas Kenzo Asli: Bagaimana Supaya Kamu tak Tertipu

Kenzo Paris adalah produsen produk fashion untuk wanita dan pria. Mulai tas wanita, backpacks, hingga sunglasses juga diproduksi oleh Kenzo. Sekarang kami tidak akan membahas produk lainnya. Fokus pembahasan adalah tasnya. Mirip dengan brand lainnya yang tidak kalah terkenal, ternyata brand Kenzo ini juga banyak yang fakenya dijual di pasaran. Terkecuali membeli di website resminya di Kenzo.com, mal, atau distributor resmi yang lain. Maka tak menutup kemungkinan kamu salah membeli produk yang palsu. Untuk membedakan mana tas Kenzo yang asli dan yang palsu, sebenarnya hampir sama seperti cara membedakan tas branded lainnya. Oke tanpa panjang lebar, akan kami tuliskan lagi supaya kamu tak salah beli, antara lain: Membedakan tas selempang KW contoh tas Kenzo KW super Nah produk yang paling banyak dicari di Indonesia dari brand Kenzo adalah tas selempangnya. Atau biasanya banyak penjual online yang menuliskan nama produk di lapaknya waistbag. Sebenarnya dengan sekali lihat kamu sudah tahu

Ciri-ciri kaos Play Comme des Garçons original

Ciri-Ciri Kaos CDG Play Asli. Ini Yang Harus Kamu Check ~ Brand ini merupakan brand yang berasal dari negara Prancis. Tahu sendiri kan kalau negara Prancis itu terkenal dengan fashionnya yang mendunia. Banyak desain-desain yang bagus, mulai dari pakaian hingga sepatu. Tetapi sekarang yang akan kita bahas adalah produk kaosnya. Memang Comme des Garcons ini juga memproduksi T-Shirt. Jangan salah walaupun hanya T-Shirt tetapi harganya bisa jutaan rupiah, itu kalau yang asli. Kalau yang palsu harganya lebih murah. Sebelum membahas lebih jauh, kamu harus tahu kalau CDG ini tidak hanya memproduksi T-Shirt saja tetapi juga berbagai produk fashion lainnya seperti aksesoris dan parfum. Walaupun brand ini adalah brand Prancis tetapi berbagai produk fashion CDG sangat terkenal di negara sakura dan juga di Asia, termasuk di Indonesia. Jika kamu hendak membeli kaos CDG Play, baca dulu nih beberapa ciri-ciri yang original agar tidak terjebak membeli yang bajakan ya. Daftar ciri-ciri kaos CDG Play as