Langsung ke konten utama

BNWB=Fake?

Perhatian: Berikut ini isinya opini pribadi saya, sooo disclaimer on ya. Explicit content juga.

Saya improptu nulis ini karena abis nonton Instagram Live-nya dr.tirta yang memutuskan untuk balik jadi dr.tirta yang dulu lagi, yang emang kalo salah ya bilang salah. Kalo bener ya bener. Kalo fake ya kw. Kalo ori ya asli. Kalo ga tau bidangnya ya diem, bukannya sok tau. Haha, jadi kayak ngejilat sepatunya dr.tirta banget ya, padahal ya ga maksud. Kudos to him lah pokoknya saya ngefans.

Heads up: kalau mau langsung lompat ke pembahasan sesuai pada judul postingan ini, scroll aja sampe nemu subjudul yang bahas hal tsb. Ini saya mau bacot dulu trims.

jika kalian membutuhkan konteks, saya sudah sertakan sedikit definisi BNWB dan beberapa istilah lainnya yang digunakan dalam post ini di situ dan di sono.

Capek.


Saya capek. Awal Oktober 2018, saya sempat ingin berhenti saja. Gak ngeblog-in sneaker dan streetwear culture Indonesia lagi. Gak buka Instagram lagi cuma buat liat minggu ini bakal ada rilisan sneaker apa aja, seller A lagi laris jual apa, seller B lagi ada masalah apa, seller C lagi ada event apa.

Apa yang bikin pengen berhenti?

Terlalu banyak influencer baru netas dan langsung terjun ke Indonesian sneaker and streetwear game. Jenuh. Capek.

Karena influence yang masif juga, jadi banyak warga Indonesia yang mau bergaya streetwear. Mau beli sneaker branded luar. Mbuh yang kw ato ori.

Saya gak maksud bilang bootlegculture adalah pelaku yang paling benar. Saya juga pernah blunder. Saya juga pernah ketipu. Goblok.

Saya gak maksud berlagak sok senior. Saya juga akan selalu goblok, terlebih lagi jadi kreator di bidang ini itu modal materiil-nya gede banget. Saya sendiri masih lebih sering belajar dari orang lain daripada belajar sendiri.

Contoh, untuk bedain legit dan fake, biasanya memang saya cuma ngepost foto dan keterangan dari seseorang yang menurut saya ilmunya lebih kece daripada saya. Ya intinya layak post gitu lah, gak menyesatkan.

Saya gak dalam rangka bikin excuse karena belum bisa bikin konten sendiri. Saat ini saya menyiasati dengan cara mampir ke store yang jual ori, tanya-tanya, pegang dan mengamati barangnya langsung, kemudian dicatat intisarinya. Begitu juga saya mampir ke store yang jual fake dan melakukan hal yang sama. Tidak jarang juga saya diem di pinggir jalan atau di sudut-sudut mall, nunduk mulu hanya untuk melihat sepatu yang dipakai orang lewat ini ori atau fake.

Dulu saya benci banget sama yang jual fake, sama yang pakai fake. Tapi lama-lama berkurang. Setidaknya mereka jual fake juga ngaku kalo itu fake. Yaa walaupun untuk pemakai fake, sering iseng saya SKSD juga, mereka gak tau kalo itu fake. Ada yang make Supreme bogo tee harga Rp60.000 ya mereka kira itu asli. Ditanya siapa James Jebbia juga mana tau, mereka taunya kalo si influencer A make Supreme dan keren, jadinya dia ikut pake.

Sekarang kebencian itu tetap ada, tapi saya alihkan ke para influencer yang pakai fake, dan para seller yang jualan fake tapi ngakunya asli.

Woi, situ jadi influencer atau selebgram atau selebtitit juga bodo amat, silakan. Tapi sadar dong, kalo jadi influencer itu tanggung jawabnya gede. Jangan cuma mau duit doang aja dari endorse. Gapapa juga lah pake fake deh, tapi ya gausah bilang itu asli, atau mengglorifikasi pake fake. Capek.

Woi, situ jadi seller enak banget ya modal dikit cuan gede? Kulakan kw premium trus dijual dengan harga ori? Ya iyalah, karena orang Indonesia masih banyak yang goblok. Literasi rendah. Termasuk saya. Capek.

Terus kenapa kok gak berhenti?

Meski hanya nol koma nol nol nol nollllll sekian persen saja efek dari adanya blog ini, tapi saya tetap bermimpi goblok kalo blog ini bakal bisa bikin orang berkurang gobloknya. Ya, memang gak tau diri kok. Halah udah biarin aja deh ikan teri kayak bootlegculture ini. Gak punya backingan gede, gak punya duit banyak buat bikin konten, nanti kalo mati juga mati sendiri.

Lho, kok jadi kemana-mana bahasnya. Ya nanti pelan-pelan saya rapihin lah, maaf... Harapannya, bacotan di atas bisa jadi pembuka bahasan utama kali ini yang juga jadi judul, yakni polemik BNWB.

Reseller sneaker kini


Aduh gatau lagi deh. Mulai dari mana ya. Gini deh gini. Jual beli sneaker itu kan sepertinya banyak cabangnya ya, tapi yang paling bikin saya capek itu yang jual BNWB dan consignment. Consignment gak saya bahas dulu ya, itu masuk wishlist post tersendiri, yang ini khusus BNWB dan sejenisnya dulu. Buset dah yang lain wishlist barang, ini wishlist postingan.

Sekitar 5 hingga 2 tahun lalu, beli barang BNWB ya masih ori. Ori tanpa box, seperti definisi aslinya. Sekarang nggak gitu. Banyak banget trik bangsat para seller yang bikin barang BNWB jadi gak semudah dulu bedainnya.

Capek liatnya.

BNWB kini


Sekalian deh, BNWB yang dibahas ini juga mencakup selain sepatu juga. Serupa tapi tak sama sih modusnya: mengaku-aku sisaan pabrik resmi tapi ternyata penuh trik-trik bosok.

Kalau di apparel, marak yang namanya tag cut.

Sempat rame juga yang jualan jam Daniel Wellington original tapi harga Rp300-400ribu doang.

Ada juga sepatu yang cuma dijual terbatas (special anniversary edition) tapi stoknya banyak banget, size lengkap, BNIB fullset sampe ke kartu anniv juga???, dan harga selisih jauh dengan yang resmi.

Ada juga yang namanya Japan Appendix Magazine.

Bahkan sampe ke jersey Timnas juga, dengan dalih "khusus produksi untuk pasar lokal". Pret.

Contoh seller BNWB kini


Pake contoh-tapi-no-mention aja ya biar (semoga) lebih cepat dipahami. Kalau ada kesamaan nama dll. dengan kondisi real di lapangan ya berarti kebetulan belaka. Saya 100% ngarang ini. Nyontohin aja.

Gue Painem, punya olshop sneaker di Instagram dengan bio "100% Original. Ragu jangan beli."

[caption id="attachment_1223" align="aligncenter" width="588"]nike tanjun navy white bnwb gambar hanya pemanis :))[/caption]

Di olshop gue, gue jual adidas dan Nike yang cepet laku. Yang kek gimana tuh? Yang murah untuk ukuran 'ori' (Rp250-600k).

Gue jual sepatu dengan tag Made in Indonesia. Tapi tolong jangan fokus dengan tag made in mana ya. Banyak pemula (ya, gue juga pemula) yang sering dikatain sotoy sama seller karena ngejudge sepatu dari made in & art code-nya.
ngebedain sepatu ori vs. fake dari made in dan art code itu cara terakhir yang gue pake. fokus aja di segi lain yang lebih penting. yang lebih esensial dari sepasang sepatu. shape-nya. material-nya. lem-nya. jahitan-nya. origin-nya. dst.

Orang-orang di komunitas namain barang gue dengan sebutan kompo.

Box-nya? Gue cetak sendiri. Bikin sendiri.

Size yang biasa gue stock itu 39-44.

Gue hampir gak pernah pake real pict. Ambil dari web resmi, dari seller/supplier lain, ato ada lah yang penting 'sama' dengan jualan gue.

[caption id="attachment_1224" align="aligncenter" width="592"]Adidas Cloudfoam Lite Racer Black bnwb gambar hanya pemanis :))[/caption]

Yang bikin makin rumit adalah, ada barang BNWB yang beneran ori dijual di olshop gue. Biasanya ciri-cirinya cuma ada dikit barangnya dan (hampir) ga pernah restock lagi. Selain itu, size yang dijual cuma dikit. Inilah yang bikin calon buyer yakin, dan orang-orang sotoy cem bootlegculture makin bingung ngejudge toko gue trusted ato ga. Haha mamam tuh, makanya mind your own business.

Gue juga selipin jual BNIB yang bener-bener ori, meskipun cuan gue yang paling gede ya dari kompo. Biar lebih trusted :)

Tips beli BNWB


Kebanyakan yang komentar minta pendapat "olshop sepatu X ini trusted, ori, recommended ga?" itu nanyain olshop yang jual BNWB. Ya itu tadi ya, banyak influencer jadi makin deras juga pengaruh pakai branded luar, jadinya makin banyak juga seller yang memanfaatkan momentum ini.

Terhitung sejak saya publish post ini (sampai kapan belum ditentuin), kecuali kalo saya benar-benar yakin/kenal/tau banget sama tokonya, saya gak akan reply pendapat pribadi saya mengenai sebuah olshop BNWB apakah dia recommended atau tidak.

Nah terus sampai kapan kayak gini terus? Prediksi sotoy saya sih ya nanti bakal berubah (entah tambah ancur ato tambah kondusif) kalo sesuatu besar terjadi di sneakers & streetwear game Indonesia. Entah itu kasus yang nilainya gede (milyaran rupiah misal) ato bubble dari culture ini meletus.

Sampai situasi benar-benar oke, saya sih shamelessly menyarankan:

1- Jangan beli BNWB dulu. Beli aja second* kalo budget terbatas... Atau nunggu diskonan yang BNIB di retailer resmi misal. Ato nabung dulu. Ato beli local brand aja.

*Second yang ex-bnib/pemakaian pribadi ya. Bukan yang karungan. Yang karungan juga gpp sih benernya tapi perlu berkali-kali lipat ketelitian dan pertimbangan.

2- Kalopun terpaksaaa banget beli BNWB.......

risiko tanggung penumpang. Saya hanya terima curhatan, gak terima labrakan yaa.
Jadi sebenarnya tips beli sepatu BNWB adalah... don'tWkwk ampuni hamba.





Jadi, menjawab pertanyaan pada judul. Apakah BNWB itu fake?

Tergantung. Kalo mirip-mirip kaya contoh di atas, berarti kemungkinan besar fake. Kenapa saya ga pernah kasih kepastian? Ya hakim di pengadilan aja gabisa langsung mutusin perkara boz, masa saya bisa ngejudge fake atau bukan kalo saya ga tau barang/sellernya? Nanti malah saya ketemu hakim beneran gara-gara pencemaran nama baik seller.

Masih banyak kok BNWB yang pasti ori.

Diskusi aja di bawah deh. Saya juga pengen belajar terus. ?

Ah, jangan-jangan ini tulisan terakhir saya. Habis itu diciduk, dianggap menjatuhkan nama baik. Dianggap merusak sumber rejeki orang.

Komentar

  1. Hahahahahaha oke oke...
    Mau komen boleh kan ya?
    Dah gitu aja komennya...

    BalasHapus
  2. bang, gue mao nanya deh. kan gue beli sepatu vans di salah satu pelapak di bukalapak. nah doi jual sepatu vans yg gak ada di indo, vans TNT advanced prototype blackout. gue preorder, tuh barang dari amerika (katanya). nah itu sepatu BNWB. Gue tanya, dijamin original gak tuh ? Terus doi bilang, "KALO GAK ORIGINAL BISA DI REFUND". minta pendapatnya dong bang atau masukan nya. gue udah order lagi. hmmm

    BalasHapus
  3. Jujur, sy ga terlalu paham Vans, kalo berkenan tolong dikasihin link ke lapaknya dia nanti coba sy dan rekan2 komunitas ngasih pendapat

    Kalo gaenak sama sellernya, link nya DM aja via twitter ato email ke btlgcltr@gmail.com maaf jadi ribet. Ato via form kontak, link nya ada di bagian bawah website

    Kalo ga masalah ya langsung post sini aja linknya hehe

    BalasHapus
  4. Sebenernya sih ga sesusah itu utk bedain mana BNWB Ori dan kompo krn tetep ada bedanya dikit walau komposisi material kompo pake sebagian bahan Ori, tp emg hrs ngikuti pergerakan brg bocoran. Lebih susah cek legit barang PK atau mirror high quality yg biasanya hrg tinggi juga.

    Hrg bnwb yg ori sama kompo biasanya beda 50-100, tp tergantung sellernya jg, klo seller nakal byk trik ya bisa aja jual seharga yg ori.


    Size kompo sebenernya sama dgn size brg fake lainnya, ga ada half size sebenernya, klo ada itu tembakan. Size sbnrnya (kalo Men) 40 2/3, 41 1/3, 42 2/3, 43 1/3, 44 2/3, 45 1/3; size 46 harusnya ga ada, klo ada itu tembakan dr 45. Kalo kompo Nike biasanya cuma 45 ga ditembak2 lagi. Gimana kalo BIG SIZE di atas 45/46? Jelas sangat2 aman no kompo2an.



    Skrg emg lebih byk yg jual kompo kalo dilihat bahkan seller besar, tp masih ada kok seller Bnwb yg jualnya ori, cuma klo diitung2 rasanya ga sampe 10 atau saya aja mungkin yg blom nemu yg laennya.


    Kalo buat yg jarang ngikutin tp pengen beli Bnwb yg aman ga perlu banyak2 jam terbang, ini brg2 yg ga ada/belom ada komponya, dan semoga ga pernah ada.


    -Asics Running, New Balance, Puma belom ada komponya


    -Adidas: seri Bounce (Alphabounce-tp ada premiumnya, Aeroboounce, Edge Lux, Edgebounce, Climacool Bounce, Bounce2 lainnya dst); Seri Boost (Supernova, Solar Glide ST, Pureboost,& Pureboost GO-tp ada kawe premiumnya, Pureboost DPR & Pureboost RBL-blom ada fake jenis apapun); Seri Cloudfoam (Galaxy Trail, Duramo 9, Duramo Lite 3). Kalo selain itu ya perbanyak jam terbang dulu.


    -Nike SELAIN Tanjun, Kaishi Run, Roshe Two, Cortez masih aman, blom ada kompo.



    -OT Mexico 66, klo itu malah lbh mirip premium/mirror tp diaku bnwb.


    Segitu aja sedikit tips dr saya, ntar klo ada yg keinget mgkn komen lagi.

    BalasHapus
  5. wah bro makasih banyak! such a lifesaver tipsnya! tolong isi http://bootleg.poloskaos.com/freebies/ dong kalo berkenan hehe

    kalo sudah terbiasa memang lebih gampang, tapi selama ini sy dapet sharing2 dari rekan2 yang beli BNWB itu biasanya yang awam, yang bisa jadi baru pertama kali beli sepatu ori. memang harus banyakin jam terbang dan pegang barang langsung, ga bisa lihat dari foto aja, apalagi foto google yang biasa dipasang seller2 bnwb.

    sekali lagi makasih banyak, semoga dilancarkan rejekinya!

    BalasHapus
  6. Artikel yg bagus..
    sorry to jump in.. sebelumnya saya mau berbagi tips juga.. tp utk model Nike Rift aja ya.. model lain kurg tahu secara detail mah.. hehe.
    srkg kan banyak model air rift fake ngaku ori.. ori BNWB tp foto yg fake..
    bkn mksd mau menggurui/sok tahu apalagi sombong..
    1. untuk mengetahui brg beneran ori/fake ya cara paling simple sih bisa dilihat dr real pict nya. wajib ada foto/video yg memperlihatkan bagian dalam sepatu nya!.
    2. material nya (serat material utk model BR lebih kecil & teratur, warna nya lebih kalem).
    3. meskipun yg fake sama" Made in Indonesia (IW), Tp cek posisi tag size nya!! utk yg ori model BREATHE (bolong") posisi tag size di jahit di sockliner & yg non BR pasti di press. tag size jelas, ga mudah luntur apalagi copot.
    Fake, di tempel di lining utk yg model BREATHE, mudah copot, tag size tidak jelas & luntur ya mungkin ANDA TERTIPU!
    4. ini yg pling wajib kudu di cek!
    bagian dalam sepatu nya, utk yg ori, di dalam sockliner nya terdapat label swoosh Nike/logo Nike tergantung model nya.(Air rift Anniversary, Rift wrap & Air Rift liberty punya sockliner & label khusus). sokliner di press & di lem (ga mudah di buka). dan yg PALING PENTING, ada jahitan strobel nya + terdapat bolong/titik kecil di bagian tumit nya.
    kalau sockliner nya ga di press, tidak ada bekas lem, & ga ada titik di tumit nya, ya ANDA TERTIPU lagi..
    5.terakhir mah kudu di pegang langsung di bagian phylon nya. kalau lembut ya Ori.. kalau keras ya fake..
    6. eh terakhir ini mah asli.. cek kualitasnya (khawatirnya miss mate), tinggi rendah, dan yg paling parah ya panjang pendek sebelah. itu dikarenakan kesalahan dalam penempelan upper & outsole. meskipun ori tp pasti ini mah asli reject an pabrik!!

    sekian saja tips dari saya.
    mudah"an bermanfaat ya..

    Regard
    air.riftlover

    BalasHapus
  7. gokil banget. terima kasih banyak! bisa ini dijadikan postingan terpisah, nanti lah saya juga harus belajar2 air rift dulu...

    BalasHapus
  8. Sama2, baru buka lagi webnya. Tambahan nih, Duramo 9 minggu lalu baru liat udh ada komponya (Sad). Tahunya drmana? Yg sizenya lengkap, klo udh dipegang jg berasa kok. FYI Duramo 9 yg ori kondisi BNWB ga mgkn size lengkap krn itu diproduksi oleh pabrik yg pengawasannya ketat jd misal bocor jg paling cuma dikit.

    BalasHapus
  9. Aduh... ternyata belum puas ya para produsen kompo :( yang colorway apa bro Duramo 9 nya paling banyak komponya?

    BalasHapus
  10. Colorway White Oreo strip Black, sama Triple Black. Selama ada pemain besar/supplier yg nampung barangnya sih kyknya ga bakal berenti produsen komponya. Ditambah byk reseller & seller2 baru yg sbnernya ada modal tp ga ngerti sneaker trs dia percaya aja kata supplier, ya kyknya masih butuh waktu spy produsen2 komponya kapok

    BalasHapus
  11. sepakat.
    nunggu digrebek polisi atau dituntut adidas kali baru kapok wkwk

    sekali lagi terima kasih banyak sudah berkenan share ilmu!

    BalasHapus
  12. Azel Kautsar Wiragotra28 Maret 2019 pukul 11.19

    kalo boleh dan berkenan,
    bisikin salah satu dari 10 seller BNWB yg jualnya ori dong, gan.

    Trims!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ciri-ciri Kaos GUESS asli

Ciri-ciri kaos Guess asli. Tidak harus beli di official store ~ Kalau kamu ingin kaos branded yang satu ini sebenarnya tidak harus membeli di official store untuk mendapatkan yang original. Ada beberapa seller yang menjual produk asli juga bahkan secara online. Yang terpenting adalah kamu tahu bagaimana cara membedakan antara yang KW dan yang asli. Brand Guess sendiri memiliki banyak kategori produk. Selain kaos untuk pria dan wanita, kamu juga dapat menemukan berbagai fashion lainnya di bawah brand yang satu ini. Bahkan Guess juga memproduksi fashion untuk anak-anak, termasuk aksesoris, seperti tas, jam tangan, hingga ikat pinggang. Jika kamu hendak membeli item yang dibuat oleh Guess maka kamu harus ekstra hati-hati. Sebab banyak sekali Guess KW yang dijual. Apalagi yang dijual secara online. Jika tidak tahu cara membedakan yang tepat, bisa-bisa kena tipu banyak. Oke langsung aja ya… Ciri-ciri kaos Guess yang asli Lihat kualitas bahan yang digunakan Kamu dapat melihat kualitas dari b

Ciri-Ciri Tas Kenzo Asli: Bagaimana Supaya Kamu tak Tertipu

Kenzo Paris adalah produsen produk fashion untuk wanita dan pria. Mulai tas wanita, backpacks, hingga sunglasses juga diproduksi oleh Kenzo. Sekarang kami tidak akan membahas produk lainnya. Fokus pembahasan adalah tasnya. Mirip dengan brand lainnya yang tidak kalah terkenal, ternyata brand Kenzo ini juga banyak yang fakenya dijual di pasaran. Terkecuali membeli di website resminya di Kenzo.com, mal, atau distributor resmi yang lain. Maka tak menutup kemungkinan kamu salah membeli produk yang palsu. Untuk membedakan mana tas Kenzo yang asli dan yang palsu, sebenarnya hampir sama seperti cara membedakan tas branded lainnya. Oke tanpa panjang lebar, akan kami tuliskan lagi supaya kamu tak salah beli, antara lain: Membedakan tas selempang KW contoh tas Kenzo KW super Nah produk yang paling banyak dicari di Indonesia dari brand Kenzo adalah tas selempangnya. Atau biasanya banyak penjual online yang menuliskan nama produk di lapaknya waistbag. Sebenarnya dengan sekali lihat kamu sudah tahu

Ciri-ciri kaos Play Comme des Garçons original

Ciri-Ciri Kaos CDG Play Asli. Ini Yang Harus Kamu Check ~ Brand ini merupakan brand yang berasal dari negara Prancis. Tahu sendiri kan kalau negara Prancis itu terkenal dengan fashionnya yang mendunia. Banyak desain-desain yang bagus, mulai dari pakaian hingga sepatu. Tetapi sekarang yang akan kita bahas adalah produk kaosnya. Memang Comme des Garcons ini juga memproduksi T-Shirt. Jangan salah walaupun hanya T-Shirt tetapi harganya bisa jutaan rupiah, itu kalau yang asli. Kalau yang palsu harganya lebih murah. Sebelum membahas lebih jauh, kamu harus tahu kalau CDG ini tidak hanya memproduksi T-Shirt saja tetapi juga berbagai produk fashion lainnya seperti aksesoris dan parfum. Walaupun brand ini adalah brand Prancis tetapi berbagai produk fashion CDG sangat terkenal di negara sakura dan juga di Asia, termasuk di Indonesia. Jika kamu hendak membeli kaos CDG Play, baca dulu nih beberapa ciri-ciri yang original agar tidak terjebak membeli yang bajakan ya. Daftar ciri-ciri kaos CDG Play as