Langsung ke konten utama

Semua tentang Techwear


Pengaruh techwear terhadap industri fashion secara umum terus bertumbuh tiap tahunnya. Tujuan techwear yang secara visioner menyajikan kombinasi multiguna dan kenyamanan memang sudah banyak yang paham, tapi definisi dari techwear itu sendiri kadang masih simpang siur.





Techwear adalah pakaian untuk digunakan sehari-hari dengan bahan, konstruksi, dan karakteristik spesial sehingga bisa memberikan guna seperti breathability, kemudahan bergerak atau mobilitas, anti air, super nyaman, dll. Banyak sih yang bisa dibahas dari techwear itu sendiri, tapi kali ini bootlegculture mengawalinya dengan membahas hal-hal yang esensial saja dari techwear.





Aspek teknis





stone island techwear




Tujuan utama dari techwear clothing & gear adalah membuat hidup lebih mudah, entah itu agar kita bisa membawa lebih banyak barang printilan saat ngetrip weekend ataupun 'hanya' agar tetap kering di saat hujan deras. Berikut adalah beberapa keunggulan yang ditawarkan techwear.





Water resistance
(dan fitur lain yang ada hubungannya dengan air)





Salah satu keunggulan utama yang ditawarkan techwear adalah water repellent. Semua orang pasti gak suka kehujanan (kecuali kalo kita lagi emo) dan techwear menawarkan solusi yang nyaman dan praktis. Salah satu yang paling berpengaruh di sini adalah Gore-Tex.





Pada 1969, Wilbert L. Gore dan anaknya, Robert W. Gore, menemukan metode untuk menjadikan material Teflon jadi membran yang tipis dan berpori-pori yang bisa menangkis zat cair/air namun tetap 'mengizinkan' uap air lewat. Material ini didesain sedemikian rupa sehingga ringan dan waterproof, sehingga bisa digunakan sebagai bahan utama outerwear untuk digunakan pada semua musim.





Gore-Tex tetap menjadi standar dalam water repellency dan udah dianggap brand sepuh pada kelas waterproof textiles. Beberapa kompetitor Gore-Tex yang gak kalah bagus itu ada eVent, HyVent (punyanya The North Face), dan H2No (punyanya Patagonia).





Selain anti air, ada banyak lagi jenis fabric sintetic yang menawarkan keunggulan lain seperti stretch, anti bau, anti gores, reflektif, dll.





Bebas bergerak & tetap nyaman





Ketika sebagian besar celana dan garmen lain memiliki cutting pattern standar, pattern untuk techwear didesain dengan memikirkan pergerakan yang dilakukan manusia. Contohnya nih, cuttingnya techwear dibuat spesial di bagian lutut atau bagian dalam sikut, dengan tujuan agar pemakainya bisa bergerak lebih bebas.





Aspek lain dalam kenyamanan (selain bebas bergerak) adalah breathability. Techwear harus bisa mengakomodasi agar keringat dan panas tubuh bisa keluar dari material, sehingga penggunanya gak kerasa kepanasan dan lengket-lengket karena keringat. Kering di luar (gak kehujanan dsb), kering di dalam juga dong.





Muat banyak





Tidak jarang kan kita bawa beberapa device sekaligus dan printilan lainnya seperti charger. Keunggulannya techwear biasanya ini juga, entah itu punya banyak kantong atau yang lebih keren seperti modular attachments yang bisa dilepas. Coba lihat aja itu tas dan backpack techwear, pasti saku dalam dan kompartemennya kadang bisa bikin geleng-geleng kepala saking banyaknya (tapi gak kelihatan 'full').





Kategori






https://www.youtube.com/watch?v=q_e5-sTKtw4




Fashion item techwear apa aja sih yang paling banyak ditawarkan?





Outerwear





Yang terpikir pertama saat lihat kata 'techwear' mungkin jaket kali ya. Biasanya dipisah jadi dua: hardshell dan softshell.





Hardshell menawarkan perlindungan maksimal terhadap cuaca dan sepenuhnya anti angin (windproof), anti air (waterproof), dan breathable. Jaket jenis ini biasanya dilengkapi dengan layer luar versatile yang bisa disesuaikan sesuai kebutuhan. Dalam cuaca hujan lebat sampai salju, pake hardshell udah paling pas.





Softshell dilengkapi dengan durable waterproof coating yang memberikan perlindungan lumayan lah untuk salju, gerimis, atau olahraga musim dingin. Jaket softshell lebih mengedepankan kenyamanan, breathability, dan kemudahan bergerak (jika dibandingkan dengan hardshell) tapi tidak memberikan perlindungan semaksimal hardshell.





Mid-Layer





Tujuan utama dari mid-layers adalah agar pemakainya tetap hangat. Jenis pakaiannya bervariasi, mulai dari down vests, hoodie, hingga insulating shirts. Beberapa item dilengkapi dengan mid-layer yang bisa dilepas, atau lapisan-lapisannya bisa diganti gitu deh.





Base Layer





Base layer tujuannya ya menyerap kelembapan. Dipakai langsung setelah kulit dan menjaganya agar tetap kering. Techwear base layer yang paling terkenal paling udah pada tahu nih: Nike DriFit dan adidas Climacool.





Pants





Celana techwear biasanya mengombinasikan antara anti air, breathability, stretch, dan jumlah saku yang banyak. Levi's punya commuter pant untuk gowes. Acronym punya modular system yang memungkinkan penggunanya menambah dan mengurangi saku sesuai kebutuhan.





Footwear





Semua brand sneaker ternama sudah bereksperimen dengan teknologi, paling banyak sih dari bahan revolusioner seperti knit, sock liners, dan material anti air. Salah satu sub brand Nike yakni Nike ACG punya pilihan alas kaki bervariasi untuk aktivitas outdoor dan pemakaian berat.





Aksesoris





Aksesoris techwear juga terus berevolusi untuk membantu orang-orang membawa barang-barang agar semakin praktis. Yang lagi banyak sekarang sih tas dan ikat pinggang.





Estetika





techwear ootd
I know it's probably comfortable, but... kadang ku lihatnya masih gerah sendiri gaes, terlebih untuk iklim tropis di negeri ini




Meski banyak item techwear dengan berbagai pattern dan yang warna-warni, kebanyakan orang mengasosiasikan vibe techwear ke monokrom (terutama hitam) dan gothic. OOTD yang pake techwear juga rata-rata terkesan misterius, pake hoodie lah, pake masker lah.





Itu tadi dari warna dan vibe. Kalau aksen-aksen yang khas dari techwear biasanya ada taped seams dan buckle.





Techwear Brands





Banyak banget brand techwear yang menarik dan bisa diulik. Ini beberapa di antaranya yang bootlegculture bisa kumpulin untuk saat ini. Nanti kalau gak ada halangan (dan banyak yang minat) ya diupdate terus, terutama yang local brand.





Julid: techwear rata-rata mahal gaes.





adidas Y-3





[td_block_instagram instagram_id="adidasy3"]



Brand cabang dari adidas ini menawarkan athletic wear dari perspektif desainer kenamaan dari Jepang, Yohji Yamamoto.





Nike ACG





Pada awalnya, ACG fokus ke apparel untuk hiking dan outdoor, tapi sejak Nike memboyong founder Acronym, Errolson Hugh, ACG jadi fokus juga ke sports utility untuk kehidupan urban perkotaan. Yaa walaupun Hugh udah cabut 2018 kemaren dan ACG balik lagi ke estetika "retro-hiker", ciri khas Hugh masih kerasa adanya.





Stone Island





[td_block_instagram instagram_id="stoneisland_official"]



Awalnya memang brand ini terkenal di culture casuals sepak bola. Tapi sub brand-nya yakni Stone Island Shadow Project menawarkan desain dan teknologi inovatif yang estetikanya techwear banget.





C.P. Company





[td_block_instagram instagram_id="cp_company_official"]



Sudah pasti lah item paling ikonik dari brand asal Itali ini. Apa lagi kalau bukan Goggle Jacket. Jaket yang ada kacamatanya di bagian hoodie dan pergelangan tangan.





Outlier





[td_block_instagram instagram_id="outlier"]



Misi brand asal Brooklyn ini memproduksi garmen minimalis yang mudah dipakai dan awet banget. Item mereka yang paling populer adalah OG pant, yang tetap kering walau hujan lebat dan kalaupun dipakai sehari-hari masih nyaman.





Ten C





[td_block_instagram instagram_id="ten_c_official"]



Kalau isi lemarimu kebanyakan style vintage dan workwear, coba kepoin brand ini aja karena ciri khasnya menyediakan look vintage military gitu deh tapi techwear. Contohnya nih mereka punya M-65 yang dibuat dari microfiber knitted nylon & polyester yang bikin jaketnya jadi anti air dan fitting mengikuti bentuk tubuh jadi lebih nyaman.





White Mountaineering





[td_block_instagram instagram_id="whitemountaineering_official"]



Desainer Yosuke Aizawa berfokus pada warna dan pattern untuk lininya yang satu ini. Hardshell keluaran WM kebanyakan memiliki desain yang lebih berwarna jika dibandingkan dengan techwear kebanyakan. Dipadu-padankan dengan brand desainer lain seperti Junya Watanabe, Comme des Garçons, Thom Browne, juga bakal lebih keren.





Bagjack





[td_block_instagram instagram_id="bagjack"]



Salah satu brand yang produk technical bags-nya paling bagus. Berorientasi pada detail, konstruksi mantap, penempatan saku gak ngasal, material kokoh dan tahan lama.





Acronym





Favorit lah. Salah satu brand paling progresif kalau soal techwear. Kalau kamu serius mau ngulik techwear, rasanya Acronym jadi brand wajib.





Herno Laminar





[td_block_instagram instagram_id="herno_official"]



Brand ini menawarkan look yang mewah ala-ala designer brand, tapi tetap punya fitur dan detail teknikal.





Orbitgear (lokal!)





[td_block_instagram instagram_id="orbitgear"]



Akhir-akhir ini lebih sering produksi tas dan aksesoris sih... waktu agak lama dulu masih produksi apparel juga. Oh ya, karena mereka cuma produksi dalam jumlah dikit, jadi sold out nya cepet banget huhu :(





Eez Worldwide (lokal!)





[td_block_instagram instagram_id="eezworldwide"]



KIN SUPPLIES (lokal!)





[td_block_instagram instagram_id="kinsupplies"]








Semoga bahasan mengenai techwear ini ada gunanya lah ya. Sekali lagi, banyak banget yang bisa diomongin soal techwear ini. Semoga ke depannya lebih banyak lagi brand lokal yang beroperasi di ranah techwear. Rasanya punya apparel di lemari yang bisa diandalkan di berbagai sikon itu worth it lah dari segi uang maupun waktu yang digunakan untuk ngulik techwear. Selamat ngulik!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ciri-ciri Kaos GUESS asli

Ciri-ciri kaos Guess asli. Tidak harus beli di official store ~ Kalau kamu ingin kaos branded yang satu ini sebenarnya tidak harus membeli di official store untuk mendapatkan yang original. Ada beberapa seller yang menjual produk asli juga bahkan secara online. Yang terpenting adalah kamu tahu bagaimana cara membedakan antara yang KW dan yang asli. Brand Guess sendiri memiliki banyak kategori produk. Selain kaos untuk pria dan wanita, kamu juga dapat menemukan berbagai fashion lainnya di bawah brand yang satu ini. Bahkan Guess juga memproduksi fashion untuk anak-anak, termasuk aksesoris, seperti tas, jam tangan, hingga ikat pinggang. Jika kamu hendak membeli item yang dibuat oleh Guess maka kamu harus ekstra hati-hati. Sebab banyak sekali Guess KW yang dijual. Apalagi yang dijual secara online. Jika tidak tahu cara membedakan yang tepat, bisa-bisa kena tipu banyak. Oke langsung aja ya… Ciri-ciri kaos Guess yang asli Lihat kualitas bahan yang digunakan Kamu dapat melihat kualitas dari b

Ciri-Ciri Tas Kenzo Asli: Bagaimana Supaya Kamu tak Tertipu

Kenzo Paris adalah produsen produk fashion untuk wanita dan pria. Mulai tas wanita, backpacks, hingga sunglasses juga diproduksi oleh Kenzo. Sekarang kami tidak akan membahas produk lainnya. Fokus pembahasan adalah tasnya. Mirip dengan brand lainnya yang tidak kalah terkenal, ternyata brand Kenzo ini juga banyak yang fakenya dijual di pasaran. Terkecuali membeli di website resminya di Kenzo.com, mal, atau distributor resmi yang lain. Maka tak menutup kemungkinan kamu salah membeli produk yang palsu. Untuk membedakan mana tas Kenzo yang asli dan yang palsu, sebenarnya hampir sama seperti cara membedakan tas branded lainnya. Oke tanpa panjang lebar, akan kami tuliskan lagi supaya kamu tak salah beli, antara lain: Membedakan tas selempang KW contoh tas Kenzo KW super Nah produk yang paling banyak dicari di Indonesia dari brand Kenzo adalah tas selempangnya. Atau biasanya banyak penjual online yang menuliskan nama produk di lapaknya waistbag. Sebenarnya dengan sekali lihat kamu sudah tahu

Ciri-ciri kaos Play Comme des Garçons original

Ciri-Ciri Kaos CDG Play Asli. Ini Yang Harus Kamu Check ~ Brand ini merupakan brand yang berasal dari negara Prancis. Tahu sendiri kan kalau negara Prancis itu terkenal dengan fashionnya yang mendunia. Banyak desain-desain yang bagus, mulai dari pakaian hingga sepatu. Tetapi sekarang yang akan kita bahas adalah produk kaosnya. Memang Comme des Garcons ini juga memproduksi T-Shirt. Jangan salah walaupun hanya T-Shirt tetapi harganya bisa jutaan rupiah, itu kalau yang asli. Kalau yang palsu harganya lebih murah. Sebelum membahas lebih jauh, kamu harus tahu kalau CDG ini tidak hanya memproduksi T-Shirt saja tetapi juga berbagai produk fashion lainnya seperti aksesoris dan parfum. Walaupun brand ini adalah brand Prancis tetapi berbagai produk fashion CDG sangat terkenal di negara sakura dan juga di Asia, termasuk di Indonesia. Jika kamu hendak membeli kaos CDG Play, baca dulu nih beberapa ciri-ciri yang original agar tidak terjebak membeli yang bajakan ya. Daftar ciri-ciri kaos CDG Play as