Langsung ke konten utama

Cara membedakan adidas Yeezy Boost 380 v3 'Alien' ori & kw


Lagi-lagi memang rilisan Yeezy yang ini bukanlah my cup of tea, tapi tetep dong tidak ada salahnya dibikinin komparasi antara yang original dengan yang palsu atau kawe. Sebagai informasi, harga retail untuk rilisan 380 v3 ini adalah $230. Kalau langsung dirupiahkan ya Rp3,2juta lah tentu saja tidak menghitung pajak dll. Saat bootlegculture bikin komparasi ini, kisaran harga resellnya adalah $400-an atau 2-3kali lipat.





Seperti biasa, jangan lupa untuk membaca disclaimer terlebih dahulu (tautan sudah ada di bawah) dan jangan gampang percaya. Komparasi kali ini bisa dibilang lebih menarik dari biasanya (ah masa?) karena versi fake pair yang dibikin ini dibuat agar bisa kejar-kejaran dengan versi ori nya pas rilis. Dengan kata lain, fake pair diproduksi tanpa contekan dari real pair alias cuma dari gambar-gambar teaser doang.





Overall, side-by-side





yeezy 380 v3 alien ori kw




Yang ori itu yang di sebelah kiri.





Box





yeezy 380 v3 alien ori kw box




Tidak jarang, kotak sepatu adalah elemen yang disepelekan oleh produsen sepatu UA. Biasanya banyak salahnya di box. Seperti yang satu ini. Keliatan banget kan ya?





(1)
Kualitas bahan box dan printingnya lebih jelek dibandingkan box sepatu originalnya. Warna box fake pair juga lebih ke warna cokelat muda yang memudar gitu. Kualitas printingnya juga tidak setajam dan setebal printingan box asli.





(2)
Box sepatu yang kw bilangnya 350. Padahal udah jelas-jelas 380 ini. Bahkan, di sticker/box label nya juga ikut-ikutan "Yeezy Boost 350 v3".





yeezy 380 v3 alien ori kw packaging




Sebagai tambahan, fake pair dibungkusnya pake plastik, bukan kertas pembungkus selayaknya di real pair (1). Produsen sepatunya juga berinisiatif memberikan bonusan gantungan kunci, mana itu ngasih bonusan ganci Air Jordan lagi. Kebayang gak adidas resmi ngasih bonus ganci sepatu kompetitornya???





Upper





yeezy 380 v3 alien ori kw upper




Lanjut di bagian atas sepatu alias upper side ya. Setidaknya, ada 3 perbedaan yang bisa dipantengin di sini.





(1)
Kita bisa melihat rajutan bahan upper yang warna abu-abu jadi weave-nya rajutan warna cream (jahitan bagian tengah). Kalau di real pair jaitannya alus, hampir ga keliatan.





(2)
Fake pair disertai dengan tali sepatu warna cream, yang tentu saja beda banget sama warna tali sepatu real pair.





(3)
Warna insolenya beda. Warna sablon logo YEEZY juga beda. Nanti deh ada foto zoom-in nya lagi di bawah, scroll terus aja. 





Sole





yeezy 380 v3 alien ori kw sole




Sole adalah salah satu perbedaan paling besar yang bisa dikenali antara kedua pasang sepatu ini.





(1)
Seperti yang bisa kita lihat bersama, warna sole untuk fake pair adalah cokelat, sedangkan warna sole untuk real pair adalah hijau.





(2)
Finishingnya boost untuk fake pair sangatlah glossy. Imprint "Boost" pada fake pair juga terlalu tajem di pinggirannya, jadi kayak gak natural dan dipahat gitu hehe. Sedangkan real pair, tulisan Boost nya di-deboss dengan finishing ujung-ujung yang lebih halus.





Insole





yeezy 380 v3 alien ori kw insole




UV





yeezy 380 v3 alien ori kw uv




Komparasi akhir adalah menyinari sepatu dengan black light (UV).





  1. Sepatu yang kw nyala di bagian tengah jahitan ketika disinari UV -yang asli nggak nyala.
  2. Ketika insole dicopot, kan kita bisa lihat bagian daleman sepatu. Di bagian ini, untuk sepatu kw, kamu bisa melihat di dalam lubang-lubang gitu deh kalau boost-nya nggak nyala ketika disinari UV.
  3. Ketika disinari, sole untuk sepatu yang ori jadi nyala.




yeezy 380 v3 alien ori kw uv sole




Gambar yang di atas ini menampilkan overall side by side sepatu ketika disinari UV. Itu yang fake pair cuma nyala/teriluminasi di bagian heel nya sole doang.





[sc name="disclaimer"]


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara membedakan Air Jordan 1 Retro Low Travis Scott ori & kw

Mas Travis Scott memang ga ada matinya. Setelah AJ1 Retro High, sekarang waktunya Nike Air Jordan 1 low 'Travis Scott' yang bakal dibikinin komparasi ori vs. kw nya. Tentu saja sneaker yang cukup unik ini juga banyak yang produksi fakes-nya. Seperti collab-an yang lain dari mz Travis Scott, ada detail-detail unik yang harus diperhatikan saat kita membedakan authentic dan fake pair.



Nike Air Jordan 1 Retro Low asli vs. palsu
Travis Scott







Setidaknya saat komparasi ini dibuat, versi kw alias fake yang dibandingkan kali ini merupakan versi kw yang terbaik. Tapi tetep kok, ada lah bedanya dengan rilisan retail yang original. Mari langsung saja dibreakdown.



Box & packaging







Kalau ditumpuk begini memang bisa kelihatan jelas bedanya.



(1)
Warna box yang kw itu warnanya cokelat yang lebih muda kalau dibandingkan dengan box yang ori.



(2)
Warna merah pada Nike Swoosh dan kualitas printingnya lebih vibrant (apa ya ini Bahasa Indonesianya? semacam... nyala/mentereng?). Sedangkan kalau di box yang…

Polemik Converse 70s tag size MM, ori atau kw?

Bootlegculture kan emang udah lama gak update drama-drama persepatuan terutama di skena lokal, ya. Cape. Palingan sekadar tau dari yang lewat-lewat di timeline atau yang di-up influencer. Salah satunya ya ini. Lagi banyak 70s yang sekarang banyak beredar apalagi yang katanya seller-seller yang buka PO "korean market, china market, hongkong market": Dari tag size pakenya MM tapi dari tag box pakenya CM.



Langsung aja, berikut postingan dari mas Riyaneil di grup Converse Head Indonesia mengenai sepatu Converse seri 70s yang akhir-akhir ini banyak beredar anuan, deja vu kasus Old Skool tempo hari.



Mau share tentang perbedaan Converse 70s tag size mm yang akhir-akhir ini lagi rame.



Bentuk 70s original lebih kokoh daripada yang kaweBentuk toe cap 70s original lebih rapih lebih dan berbentuk daripada yang kaweJahitan 70s original lebih rapih daripada yang kaweHeel patch 70s original lebih rapih dan lebih kokoh, jika dilihat yang original kelihatan lebih lebar dan yang kawe lebih meman…