Langsung ke konten utama

Top 6 Aplikasi Parental Control Android, Gratis

Dengan banyaknya aplikasi dan konten yang bertebaran di internet, bisa terjadi hal-hal diluar kontrol. Kalau kita sebagai orang yang sudah dewasa sih sudah bisa membatasi diri sendiri. Nah gimana dengan anak-anak atau remaja yang gandrung gadget Android? Beberapa tahun lalu, kontrol orang tua terhadap browsing internet menjadi perhatian besar. Sekarang juga masih menjadi perhatian sih, apalagi ditambah dengan kecanduan games dan aplikasi seperti media sosial.

Para orang tua banyak yang kesulitan membuat anak-anak (atau adik-adik) tidak bermain HP terus-terusan. Banyaaaaaaaaaaaaaak sekali orang tua yang tidak tahu (atau tidak mau tahu) cara yang benar untuk melindungi anak-anak dari kecanduan dll tadi. Rev sudah mengumpulkan beberapa aplikasi Android yang bisa membantu para orang tua untuk tetap memantau aktivitas anak dalam bermain gadget dan sekaligus mengarahkan mereka ke arah yang lebih positif.

1. Kids Place


Kids Place ini berfungsi sebagai launcher Android sekaligus app lock. Cukup install saja di HP atau tablet Android yang biasa digunakan anak Anda. Dengan aplikasi ini, Anda bisa memproteksi data sensitif dan membatasi penggunaan aplikasi sesuai pengaturan Anda. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mencegah anak mendownload aplikasi baru, menelepon, mengirim SMS, atau beli-beli di Play Store. Kan sering tuh :')

kids-place

Fitur lain yang bisa dicoba: custom home screen, timer untuk mencegah penggunaan berlebih, blokir panggilan, auto app restart, dll. Cocok untuk digunakan di smartphone anak kecil hingga remaja dengan kontrol yang bisa Anda atur.

?? Download Kids Place APK

2. Screen Time


Aplikasi ini akan memonitor dan mengontrol aktivitas anak di smartphone mereka. Install-lah aplikasi ini di smartphone Anda dan anak Anda. Prosesnya mudah kok. Awalnya adalah menentukan mana smartphone yang bertindak sebagai pengontrol dan milik si anak.?Rekomendasi Rev:?pertama install aplikasi ini di device Anda dulu, terus kemudian tinggal ikuti langkah-langkahnya.

screen-time

Kamu bisa memonitor aktivitas anak Anda dimanapun mereka berada. Statistik browsing, penggunaan, waktu yang dihabiskan di tiap app, dll. Kamu bisa membatasi penggunaan app apa saja dan membatasi akses ke website-website tertentu. Bisa juga set timing seperti waktu tidur, waktu sekolah, dll.

Tips:?Anda bisa 'menghadiahi' anak Anda dengan waktu penggunaan yang lebih lama ketika si anak berprestasi atau berperilaku baik. Sebaliknya, Anda bisa 'menghukum' anak Anda dengan membatasi akses ke app-app yang sering dia akses jika sedang bandel.

?? Download Screen Time APK

3. Secure Teen


secure-teen

Secure Teen ini ya aplikasi parental control standar, sama kayak lainnya. Bisa membatasi akses terhadap app apa saja, mengatur device rules, memonitor penggunaan, dll. Anda bisa mengecek aktivitas anak Anda 24/7 dengan akun Secure Teen (login di web). Disana Anda bisa melihat statistik penggunaan app, history browsing, aktivitas Facebook, Instagram, melacak lokasi si anak, dll.

Secure-teen-online-control-web

Aktivitas monitoring bisa Anda lakukan lewat web. Menurut sebagian reviewer, aplikasi ini sedikit invasif: jadi gunakan sebijak mungkin. Karena protektif dan invasif itu bedanya tipis...

?? Download Secure Teen APK

4. Kids Zone


Dengan Kids Zone, Anda bisa mendesain antarmuka sendiri yang ramah anak, anak hanya bisa mengakses app yang Anda perbolehkan. Fitur lain: blokir panggilan telpon/SMS, membatasi akses internet, mencegah instalasi aplikasi baru atau beli-beli (in app purchases), blokir klik iklan, mencegah akses ke pengaturan (Settings) serta data personal.

kids-zone

Pada dasarnya, Anda akan membiarkan anak Anda bermain di playground yang Anda desain sendiri: Anda yang menentukan berapa lama anak bermain dan dengan apa saja mereka bermain.

?? Download Kids Zone APK

5. Kids Place ? Parental Control


Kids Place-Parental Control bekerja mirip app Kids Launcher, dengan antarmuka yang lebih keren. Anda bisa mengelompokkan apps ke 4 kategori: Games, Growth, Education, dan Other.

Membatasi penggunaan, mencegah akses ke konten yang tidak diinginkan, mengatur batasan waktu dan melacak lokasi adalah sebagian hal yang bisa Anda lakukan dengan app ini. Anda juga bisa memblok dengan mudah hal-hal seperti download apps, mengubah setting, beli-beli, dll. Merupakan aplikasi monitoring dan kontrol aktivitas yang bisa diandalkan.

https://youtu.be/-98riw2iP24

Btw,?setelah dicek lagi, ternyata aplikasi ini sudah merger dengan aplikasi no.1 di atas. wkwk. yasudahlah.

?? Download Kids Place-Parental Control APK

6. F-Secure Mobile Security


Aplikasi ini serbaguna. Bisa berfungsi untuk proteksi browsing dan banking, juga bisa bekerja sebagai antivirus, anti maling, blokir panggilan, dan app parental control. Karena postingan ini membahas parental control, beberapa hal yang bisa dilakukan aplikasi ini adalah membatasi penggunaan aplikasi, memproteksi data sensitif, mengontrol browsing, dll.

f-secure-mobile-security-parental-control

Aplikasi ini cocok jika Anda malas menginstall app khusus untuk parental control dan prefer app yang multifungsi seperti ini. Lagipula, namanya pun tidak mencurigakan, jadi kemungkinan besar app ini tidak akan menarik perhatian anak-anak untuk dibuka (karena kemungkinan besar dianggap 'sekedar' antivirus).

?? Download F-Secure Mobile Security APK

Tips tambahan...


Kalau Anda/anak Anda pengguna Nexus dengan Android minimal versi 4.3, Anda bisa mengaktifkan yang namanya?restricted profile.?Profil ini akan mencegah anak dari membuka konten dewasa di smartphone Anda. Gampang di-setup kok, dan bisa dilakukan tanpa download app tambahan lagi, langsung lewat Phone Settings.

Well,?hampir semua apps diatas membutuhkan PIN saat Anda setting diawal yang selanjutnya berguna untuk pengaturan, keluar dari app, atau uninstall app. Beberapa apps membutuhkan?administrator privileges?untuk mencegah anak meng-uninstall atau mematikan app.

Install saja salah satu aplikasi parental control ini dulu. Bagi anak-anak atau sebagian orang lain mungkin akan mencibir Anda dan bilang Anda lebay. Tapi itu lebih baik daripada nantinya menyesal anak Anda diculik rekannya di Facebook, berbuat asusila, atau masuk rehabilitasi. Amit-amit jabang bayi!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ciri-ciri Kaos GUESS asli

Ciri-ciri kaos Guess asli. Tidak harus beli di official store ~ Kalau kamu ingin kaos branded yang satu ini sebenarnya tidak harus membeli di official store untuk mendapatkan yang original. Ada beberapa seller yang menjual produk asli juga bahkan secara online. Yang terpenting adalah kamu tahu bagaimana cara membedakan antara yang KW dan yang asli. Brand Guess sendiri memiliki banyak kategori produk. Selain kaos untuk pria dan wanita, kamu juga dapat menemukan berbagai fashion lainnya di bawah brand yang satu ini. Bahkan Guess juga memproduksi fashion untuk anak-anak, termasuk aksesoris, seperti tas, jam tangan, hingga ikat pinggang. Jika kamu hendak membeli item yang dibuat oleh Guess maka kamu harus ekstra hati-hati. Sebab banyak sekali Guess KW yang dijual. Apalagi yang dijual secara online. Jika tidak tahu cara membedakan yang tepat, bisa-bisa kena tipu banyak. Oke langsung aja ya… Ciri-ciri kaos Guess yang asli Lihat kualitas bahan yang digunakan Kamu dapat melihat kualitas dari b

Ciri-Ciri Tas Kenzo Asli: Bagaimana Supaya Kamu tak Tertipu

Kenzo Paris adalah produsen produk fashion untuk wanita dan pria. Mulai tas wanita, backpacks, hingga sunglasses juga diproduksi oleh Kenzo. Sekarang kami tidak akan membahas produk lainnya. Fokus pembahasan adalah tasnya. Mirip dengan brand lainnya yang tidak kalah terkenal, ternyata brand Kenzo ini juga banyak yang fakenya dijual di pasaran. Terkecuali membeli di website resminya di Kenzo.com, mal, atau distributor resmi yang lain. Maka tak menutup kemungkinan kamu salah membeli produk yang palsu. Untuk membedakan mana tas Kenzo yang asli dan yang palsu, sebenarnya hampir sama seperti cara membedakan tas branded lainnya. Oke tanpa panjang lebar, akan kami tuliskan lagi supaya kamu tak salah beli, antara lain: Membedakan tas selempang KW contoh tas Kenzo KW super Nah produk yang paling banyak dicari di Indonesia dari brand Kenzo adalah tas selempangnya. Atau biasanya banyak penjual online yang menuliskan nama produk di lapaknya waistbag. Sebenarnya dengan sekali lihat kamu sudah tahu

Ciri-ciri kaos Play Comme des Garçons original

Ciri-Ciri Kaos CDG Play Asli. Ini Yang Harus Kamu Check ~ Brand ini merupakan brand yang berasal dari negara Prancis. Tahu sendiri kan kalau negara Prancis itu terkenal dengan fashionnya yang mendunia. Banyak desain-desain yang bagus, mulai dari pakaian hingga sepatu. Tetapi sekarang yang akan kita bahas adalah produk kaosnya. Memang Comme des Garcons ini juga memproduksi T-Shirt. Jangan salah walaupun hanya T-Shirt tetapi harganya bisa jutaan rupiah, itu kalau yang asli. Kalau yang palsu harganya lebih murah. Sebelum membahas lebih jauh, kamu harus tahu kalau CDG ini tidak hanya memproduksi T-Shirt saja tetapi juga berbagai produk fashion lainnya seperti aksesoris dan parfum. Walaupun brand ini adalah brand Prancis tetapi berbagai produk fashion CDG sangat terkenal di negara sakura dan juga di Asia, termasuk di Indonesia. Jika kamu hendak membeli kaos CDG Play, baca dulu nih beberapa ciri-ciri yang original agar tidak terjebak membeli yang bajakan ya. Daftar ciri-ciri kaos CDG Play as