Langsung ke konten utama

15+ Daftar Tempat (Spot) Wisata Jalan Cinta dan Rangga di Film AADC 2

Jogja bikin baper. Ya, film Ada Apa Dengan Cinta (AADC) 2 memang syuting di banyak kota, seperti Jakarta dan New York. Tapi sepertinya waktu di Jogja lah yang paling bikin baper. Maklum, banyak sekali memorable moment yang mengambil latar lokasi di kota Gudeg ini. Cinta dan Rangga yang terpisah selama ratusan purnama dan dua benua pun terjadi di Jogjakarta. Daftar spot jalan Cinta dan Rangga sudah kami kelompokkan lagi, jadi semoga lebih gampang kedepannya.

NB: BOLEH-BOLEH AJA JALAN-JALAN KE SPOT-SPOT BERIKUT, TAPI PLEASE JANGAN NGERUSAK YAAAA :D

Daftar spot romantis AADC 2


1. Rumah Doa Bukit Rhema


bukit-rhema-aadc2

Lokasinya sebenarnya masuk wilayah Magelang, Jawa Tengah. Nah di sini tempat Rangga dan Cinta menunggu sunrise. Pemandangannya sempurna. Kita bisa melihat lautan kabut di tengah deretan gunung saat matahari perlahan meninggi. Tempat yang juga dijuluki Gereja Ayam ini dulunya adalah... gereja. Menurut Pak Sholeh (warga setempat), bangunan ini mulai diminati wisatawan sejak 2011.

Menuju ke sini dari tempat parkir harus jalan kaki sekitar 300 meter. Sampai di dalam, baiknya tarik napas dulu karena ada lima tangga yang harus dinaiki untuk menuju atap. Karena lagi booming, cepet-cepetan aja. Sekitar pukul 5.30 sudah banyak yang mulai naik...

Meskipun dikenal luas sebagai gereja ayam, tapi bangunan ini sebenarnya berbentuk merpati. Dengan hanya merogoh kocek Rp 5000, Anda sudah bisa menjelajahi rumah doa ini, hingga menaiki puncaknya di bagian kepala merpati.

2. Istana Ratu Boko


istana-ratu-boko-aadc2

Dari Magelang, cuss ke kawasan Prambanan. Tempat Rangga dan Cinta ngobrol asik sampai kehujanan. Tempat yang satu ini luasss banget. Semua sudutnya bagus untuk foto-foto. Asal tidak hujan, suasananya memang kondusif sekali untuk ngobrol. Jadi pinggirkan dulu gadget-gadgetnya bakal lebih baik :D

Ada yang bilang tempat ini akan menjadi zona sangat romantis menjelang sunset. Untuk masuk ke area situs Istana Ratu Boko, hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp 10.000 hingga Rp 30.000.

Kalo gak salah, spot ini juga sudah pernah ada di Jalan-Jalan Men.

3. Sellie Coffee


sellie-coffee-aadc2

Di kafe yang terletak di Jalan Prawirotaman ini, Cintta mengatakan bahwa Rangga JAHAT. Salah seorang barista disana juga ikut muncul beberapa detik di filmnya lho. Sejak AADC 2 rilis memang kunjungan ke kafe mungil ini melonjak. Yang aslinya mulai buka 17.00 sekarang sudah buka sejak pukul 12.30.

Kafe di Jalan Gerilya Prawirotaman ini rutin mengganti interior setiap beberapa bulan sekali. Berbagai jenis kopi dari penjuru nusantara serta singkong goreng dan jamur kriuk bisa dinikmati di sini.

4. Punthuk Setumbu 2


punthuk-setumbu-2-aadc2

Ada Punthuk Setumbu 1 dan 2, tapi yang digunakan untuk syuting AADC2 adalah Punthuk Setumbu 2. Oleh warga sekitar disebut sebagai Purwosari Hill. Lokasi Punthuk Setumbu 2 hanya sekitar 100 meter dari Bukit Rhema. Jalan menuju lokasi ini menanjak tajam. Usahakan ada yang bisa digandeng selama mendaki.... #baper

Untuk menikmati sunrise di bukit ini dikenakan retribusi sebesar Rp 15.000.

 

Daftar spot kuliner AADC 2


1. Restoran Bu Ageng


warung-bu-ageng-aadc2

Masih di dekat Jalan Prawirotaman, Restoran Bu Ageng terletak di Jalan Tirtodipuran. Suasana resto milik istri budayawan Butet Kertaradjasa ini Jawa banget. Menyediakan masakan khas Indonesia yang lezat :D Tidak heran kalau Milly, Maura, dan Karmen memutuskan makan malam dulu tanpa Cinta.

Warung Bu Ageng buka setiap Selasa sampai Minggu, dan libur pada hari Senin.

2. Lokal Resto


lokal-resto-aadc2

Di tempat ini, Karmen bilang kalau Rangga pengen ketemu sama Cinta. Tempatnya bagus. Makanannya ada khas Indonesia sampai western, lengkap lah. Cocok banget untuk acara curhat dan confession (pengakuan).

Restoran yang terletak di depan Hotel Lokal ini punya desain interior minimalis berwarna-warni, dengan tegel motif kawung dan mural “Yogyakarta”. Bahan makanan hingga perlengkapan makannya juga merupakan hasil produksi lokal. Menu andalan yang jadi favorit Cinta, Karmen, Milly dan Maura adalah nasi goreng roa dan pizza teri balado.

3. Via-Via Bakery


via-via-restaurant-bakery-aadc2

Di tempat ini adalah kali pertama Karmen dan Milly melihat Rangga. Tempat ini memang recommended sekali untuk nongkrong. Tempatnya bersih, makanannya enak, dan harganya relatif murah.

Rumah makan ini dikenal sebagai “the home restaurant for world travelers” yang menyajikan makanan dari bahan organik serta bebas MSG. Roti khas yang bisa dicicipi antara lain brown bread, white bread, pita bread hingga focaccia.

4. Sate Klatak Pak Bari


sate-klathak-pak-bari-aadc2

Menurut Pak Bari, tempatnya kini semakin dikenal sejak ada AADC2. Pengunjungnya banyak yang naik mobil dengan plat nomor luar Jogja. Sate klatak ini wajib dicoba memang. Daging kambingnya enak kok, harganya juga cuma Rp15 ribu per porsi.

Sate klathak ini merupakan sate kambing muda yang seringnya disantap dengan kuah gulai. Salah satu keunikan lain Sate Klathak Pak Bari adalah sate-satenya ditusuk menggunakan besi jeruji sepeda.

5. Klinik Kopi


klinik-kopi-aadc2

Pepeng, founder Klinik Kopi, disebut sang seniman kopi oleh Mira Lesmana. Yang disajikan Pepeng memang unik. Kopi berasal dari berbagai tempat di Indonesia sambil diberi pengetahuan soal asal kopi. Cara pembayarannya juga unik. Cukup masukkan sendiri uang ke tempat yang disediakan.


Daftar spot artsy (nyeni) AADC 2


1. Padepokan Bagong Kussudiarja


Padepokan Bagong Kussudiarja

Di tempat inilah Cinta menampar Rangga. Tepatnya di bagian depan padepokan seni milik Bagong Kussudiarja yang merupakan ayah Butet Kertaradjasa dan Djaduk Ferianto. Tempatnya sekitar 20 menit dari pusat kota. Selain menjadi wadah berkumpulnya para seniman Jogja, padepokan ini menjadi pusat studio Kua Etnika milik Djaduk Ferianto dan teater Gandrik milik Butet.

2. Papermoon Puppet Theatre


papermoon-puppet-theatre-aadc2

Pertunjukan teater boneka yang memikat (dan membuat saya larut sekali) ini tidak punya jadwal regular performance. Tapi setelah film tayang banyak yang bertanya jadwal...

Selain gedung pertunjukan, boneka-boneka ini juga ditampilkan di kereta api, pasar tradisional dan tepi jalan. Ini sesuai dengan tema yang diangkat Papermoon, yakni kehidupan sehari-hari masyarakat yang dikemas secara imajinatif. Cinta dan Rangga menyaksikan lakon “Secangkir Kopi dari Playa” yang dipentaskan oleh teater boneka ini.

Ria Tri Sulistiyani, founder Papermoon Puppet Theatre memang lebih sering membawa teaternya ke luar kota atau luar negeri. Namun, bila memang ada waktu, Ria tidak akan keberatan memberikan workshop untuk rombongan yang penasaran dengan teaternya.

3. Greenhost Hotel


greenhost-hotel-aadc2

Dalam hotel yang ramah lingkungan ini, kita akan dibuat terkagum dengan desain interiornya yang penuh tanaman hijau dan elemen kayu. Walaupun terletak di kawasan yang ramai turis, tapi tetap bisa merasakan lingkungan yang asri kok. Di tempat ini pula adegan Cinta dkk. menghadiri pameran seniman Eko Nugroho.

 

Daftar spot hangout/wisata AADC 2


1. Oxen Free


oxen-free-aadc2

Cinta dan gengnya menikmati penampilan Kill the DJ di Oxen Free saat mengunjungi Yogyakarta dalam AADC 2.

Oxen Free adalah tempat nongkrong (pub dan bistro) yang menawarkan beberapa menu lokal dan internasional pilihan. Tempat ini juga menyediakan berbagai macam kopi dan minuman. Oxen Free berlokasi di Jalan Sosrowijayan No.2, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

2. Pantai Parangkusumo


pantai-parangkusumo-aadc2

Geng Cinta menyempatkan untuk mengunjungi pantai ini saat berlibur di Yogyakarta. Pantai Parangkusumo berjarak kurang lebih 30 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Pantai ini terletak berdampingan dengan pantai Parangtritis.

3. Kota Gede


kota-gede-jogja-aadc2

Kota Gede memiliki ciri khas deretan toko pengrajin perak. Dalam salah satu adegan AADC 2, Maura dan Karmen mengayuh sepeda menelusuri arsitektur klasik di daerah ini. Cinta dan kawan-kawannya juga menikmati suguhan khas Pasar Legi di tempat yang kental dengan atmosfer tempo dulu ini.

4. Villa Sunset


villa-sunset-aadc2

Ketika berkunjung ke Jogja, Cinta, Milly, Karmen dan Maura menginap di vila dengan interior dominan kayu yang terdiri dari atas kamar tidur, dapur dan kolam renang ini. Tempat tersebut adalah Villa Sunset. Tempat ini berlokasi di Bangunjiwo, Kasihan, Bantul.




Terima kasih untuk seluruh pihak yang terlibat dalam film AADC 2. Segenap kru dll.co.id sangat puas sekali dengan film ini!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ciri-ciri Kaos GUESS asli

Ciri-ciri kaos Guess asli. Tidak harus beli di official store ~ Kalau kamu ingin kaos branded yang satu ini sebenarnya tidak harus membeli di official store untuk mendapatkan yang original. Ada beberapa seller yang menjual produk asli juga bahkan secara online. Yang terpenting adalah kamu tahu bagaimana cara membedakan antara yang KW dan yang asli. Brand Guess sendiri memiliki banyak kategori produk. Selain kaos untuk pria dan wanita, kamu juga dapat menemukan berbagai fashion lainnya di bawah brand yang satu ini. Bahkan Guess juga memproduksi fashion untuk anak-anak, termasuk aksesoris, seperti tas, jam tangan, hingga ikat pinggang. Jika kamu hendak membeli item yang dibuat oleh Guess maka kamu harus ekstra hati-hati. Sebab banyak sekali Guess KW yang dijual. Apalagi yang dijual secara online. Jika tidak tahu cara membedakan yang tepat, bisa-bisa kena tipu banyak. Oke langsung aja ya… Ciri-ciri kaos Guess yang asli Lihat kualitas bahan yang digunakan Kamu dapat melihat kualitas dari b

Ciri-Ciri Tas Kenzo Asli: Bagaimana Supaya Kamu tak Tertipu

Kenzo Paris adalah produsen produk fashion untuk wanita dan pria. Mulai tas wanita, backpacks, hingga sunglasses juga diproduksi oleh Kenzo. Sekarang kami tidak akan membahas produk lainnya. Fokus pembahasan adalah tasnya. Mirip dengan brand lainnya yang tidak kalah terkenal, ternyata brand Kenzo ini juga banyak yang fakenya dijual di pasaran. Terkecuali membeli di website resminya di Kenzo.com, mal, atau distributor resmi yang lain. Maka tak menutup kemungkinan kamu salah membeli produk yang palsu. Untuk membedakan mana tas Kenzo yang asli dan yang palsu, sebenarnya hampir sama seperti cara membedakan tas branded lainnya. Oke tanpa panjang lebar, akan kami tuliskan lagi supaya kamu tak salah beli, antara lain: Membedakan tas selempang KW contoh tas Kenzo KW super Nah produk yang paling banyak dicari di Indonesia dari brand Kenzo adalah tas selempangnya. Atau biasanya banyak penjual online yang menuliskan nama produk di lapaknya waistbag. Sebenarnya dengan sekali lihat kamu sudah tahu

Ciri-ciri kaos Play Comme des Garçons original

Ciri-Ciri Kaos CDG Play Asli. Ini Yang Harus Kamu Check ~ Brand ini merupakan brand yang berasal dari negara Prancis. Tahu sendiri kan kalau negara Prancis itu terkenal dengan fashionnya yang mendunia. Banyak desain-desain yang bagus, mulai dari pakaian hingga sepatu. Tetapi sekarang yang akan kita bahas adalah produk kaosnya. Memang Comme des Garcons ini juga memproduksi T-Shirt. Jangan salah walaupun hanya T-Shirt tetapi harganya bisa jutaan rupiah, itu kalau yang asli. Kalau yang palsu harganya lebih murah. Sebelum membahas lebih jauh, kamu harus tahu kalau CDG ini tidak hanya memproduksi T-Shirt saja tetapi juga berbagai produk fashion lainnya seperti aksesoris dan parfum. Walaupun brand ini adalah brand Prancis tetapi berbagai produk fashion CDG sangat terkenal di negara sakura dan juga di Asia, termasuk di Indonesia. Jika kamu hendak membeli kaos CDG Play, baca dulu nih beberapa ciri-ciri yang original agar tidak terjebak membeli yang bajakan ya. Daftar ciri-ciri kaos CDG Play as