Langsung ke konten utama

Kamus istilah sneakers


Setiap culture dan negara memiliki slang (bahasa gaul) yang unik dalam berbagai hal. Begitu juga dengan sneakers, para sneakers enthusiast menggunakan berbagai istilah-istilah tongkrongan untuk berkomunikasi sehari-hari dengan sesama sneakers enthusiasts. Yaa walaupun belum semua, tapi nih BC kasih sebagian definisi kata-kata di bidang persepatuan yang bisa menambah pengetahuanmu.





Sebagian istilah tidak hanya relevan untuk dunia sneakers saja, namun juga bidang-bidang lain seperti streetwear, fashion, dll.





Keterangan





Deadstock (DS) adalah salah satu istilah yang paling sering digunakan oleh sneakerheads. Istilah ini mengimplikasikan kalau sepatu yang sedang dijual adalah dalam kondisi baru (brand new) dan tidak pernah dipakai (worn) atau dicoba (tried on).





Grade School (GS) merupakan sepatu yang (pada umumnya) diperuntukkan untuk balita dan anak-anak sampai SD. Istilah yang dipopulerkan oleh Nike. Tapi meski begitu, bukan berarti orang dewasa ga bisa pake, karena BC sendiri punya kok dan muat-muat aja. Biasanya size GS adalah mulai EUR 35-40.





Near Deadstock (NDS) adalah jika sepatu sudah dipakai beberapa kali dan sudah menunjukkan tanda kalau dipakai (seperti agak kotor misal) tapi bisa mendekati deadstock kalau dibersihkan dan di-touch up lah intinya.





New In Box (NIB) adalah sepatu yang tidak pernah dikeluarkan dari packaging originalnya.





PADS (Pass As DeadStock) adalah kondisi sepatu/item yang sudah pernah dipakai, tetapi dalam kondisi baik.





Sample adalah sepatu yang digunakan baik sebagai tujuan promosional atau uji coba pemakaian.





Very Near Deadstock (VNDS) adalah jika sepatu sudah dipakai tapi kondisinya mendekati baru / deadstock.





Seri





ACG (All Conditions Gear) adalah sebuah koleksi yang diproduksi oleh Nike yang berfokus pada olahraga outdoor seperti mendaki gunung dan berjalan jarak jauh. Koleksi seri ACG terkenal pada material yang digunakan, yang biasanya tahan di berbagai kondisi cuaca.





Air Force 1 (AF1) adalah salah satu sepatu trendsetter yang tersedia dalam colorway putih/putih hingga lebih dari 3000 colorway random lainnya. Sepatu ini merupakan keluaran Nike dan jadi salah satu model sepatu terlaris sepanjang masa.





Air Max (AM) adalah teknologi yang diperkenalkan Nike pada 1987 pada Nike Air Max 1. Sepatu ini dilengkapi dengan sebuah air cushioning yang terletak di bawah kaki.





Cool Gray / Cool Grey (CG) biasanya digunakan saat lagi membahas Air Jordan 3, 4, 9, atau 11.





Defining Moments Package (DMP) adalah sebuah paketan yang terdiri dari Air Jordan XI dan Air Jordan VI. Rilisan ini menandai dua poin pivot dalam karir Michael Jordan.





General Release (GR) adalah sepatu yang tersedia di hampir semua retailer sneakers, bukan merupakan model terbatas, dan bisa didapatkan cukup mudah di hari yang sama ketika rilis.





HTM merupakan sepatu-sepatu yang didesain oleh Hiroshi Fujiwara, Tinker Hatfield, dan Mark Parker. Kalau gak ngeh, HTM diambil dari huruf pertama dari setiap desainer.





Hyper strike adalah sepatu yang dirilis dalam jumlah sangat terbatas dan tidak diiklankan/dipromosikan hingga sepatu tersebut siap dijual ke publik.





Jordan Brand (JB) adalah sebuah lini sepatu dari Michael Jordan. Juga terasosiasi dengan trademark Air Jordan.





Lifestyle (LS) adalah rilisan spesial yang biasanya dihubungkan dengan Jordan Brand yang mana koleksinya biasanya apparel/clothing dan sneakers yang senada. Biasanya juga, rilisan ini terbatas.





Limited Edition (LE) adalah sepatu yang diproduksi dalam jumlah terbatas dan hanya bisa dibeli di sedikit sekali retailer.





No Fly Wire (NFW). Model-model Nike yang futuristik disertai dengan material flyer wire spesial, beberapa pasang yang diasosiasikan dengan material tersebut namun tidak diproduksi dengan material tersebut, dikategorikan dalam NFW.





Original (OG) adalah sepatu yang dirilis pertama. Sering digunakan untuk sepatu-sepatu Nike. Detailnya kamu bisa menuju ke Arti "OG".





Player Exclusive (PE) adalah sepatu yang diproduksi di bawah supervisi seorang atlet tertentu dan dibuat customized dengan pola atau warna yang didesain sesuai tim/negara/afiliasi/preferensi sang atlet.





P-Rod merupakan lini sepatu yang diprakarsai oleh Paul Rodriguez.





Quickstrike adalah sepatu yang dirilis dalam jumlah terbatas dalam retail store tertentu.





Skateboard (SB) adalah sebuah lini sepatu yang didedikasikan untuk Skateboarding.





Special Edition (SE) adalah sepatu yang memperingati hal tertentu dan dirilis dalam jumlah terbatas. Juga sering digunakan untuk sepatu-sepatu Nike.





Collaboration (X) adalah istilah yang umum digunakan perusahaan footwear dan brand streetwear untuk berkolaborasi dalam projects. Sebagai simbol kolaborasi, 'X' digunakan di antara kedua nama brand. Contoh: adidas X 10 Deep.





Umum





Beater adalah sebutan untuk sepatu yang digunakan sehari-hari (daily basis) tanpa tiap hari dirawat.





B-Grade adalah sepatu dengan minus yang bisa kamu beli di outlet store pabrikan dengan harga yang biasanya lebih murah.





Blue Ribbon Sports (BRS) adalah perusahaan footwear original yang dibangun oleh Phil Knight, yang merupakan cikal bakal dari Nike.





Bred awalnya merupakan sebutan untuk sepatu Jordan dengan colorway hitam dan merah. Black and red. Tapi sekarang digunakan tidak hanya untuk Jordan.





Disclaimer ON awalnya adalah istilah yang diketahui BC dari komunitas saham, kemudian BC adaptasi sendiri untuk bales-balesin komen. Mirip-mirip sama slang Internet IMO, IMHO gitu sih. Contohnya, ada yang nanya: "toko sneaker abcdsneakersori ini original gak?" Terus ada yang jawab "ori, disclaimer on". Maksudnya, waktu si penjawab ini bilang ori ya itu ori pada saat si penjawab nyambangin/stalk tokonya. Kalau ternyata beberapa waktu kemudian si abcdsneakersori ini menyalahgunakan kepercayaan ya sudah bukan tanggung jawab si penjawab tadi lagi... semoga Tuhan melindungi kita semua dari orang-orang picik yang terkutuk.





Heat merupakan istilah yang digunakan untuk menandai model sepatu yang susah ditemui dan sudah tidak tersedia lagi di toko retail.





Holy Grail merupakan sepatu yang memiliki baik nilai sentimentil maupun monetary bagi pemiliknya dan lebih spesial dari semua sepatu koleksinya.





Hype adalah sepatu yang mendapatkan banyak perhatian sebelum tanggal rilisnya.





Hypebeast adalah seseorang yang tertarik pada streetwear culture dan memakai beberapa item-item mahal dan langka yang tersedia. Lengkapnya bisa dilihat di Arti Kata Hypebeast.





Kompo/Komponen adalah istilah yang biasanya dipakai untuk sepatu/barang kw yang bahan/materialnya sama dengan original, tapi proses pembuatan/pengerjaannya bukan di pabrik resmi alias home industry pihak lain. Karena ga ngikut SOP produksi pabrik resmi, ya biasanya ada yang luput lah kualitasnya. Yang paling umum sih, lem-nya gak tahan lama. Kalau dipikir-pikir kompo ini mirip UA/PK ya, hanya saja prakteknya biasanya untuk produksi yang di Indonesia.





Prototype adalah sebuah sample yang tidak pernah dirilis ke publik dan biasanya hanya digunakan untuk uji coba pemakaian.





Reseller adalah membeli barang dengan harga normal, lalu dinaekin sendiri harganya. Contoh nih si reseller borong vans dari toko seharga Rp700.000, dan dijual lagi, dinaekin harganya jadi Rp800.000.





Retail store adalah toko resmi yang mendapatkan lisensi agar menjualkan barang sesuai harga standar dari agen distributor. Laba mereka berasal dari pembelian borongan, pasti ada diskon wholesale sesuai katalog yang mereka borong. Untuk menjadi toko resmi pasti ada syarat, contoh kalo Vans, dia ga akan bisa jualin vans lainnya selain dari PT Navya (importir resmi Vans).





Retro adalah sepatu yang dirilis ulang dan dibuat berdasarkan spesifikasi asli dari model OG nya.





Steal deal adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan bahwa (biasanya) item yang dijual memiliki harga yang menguntungkan/lebih rendah dari pasaran.





Under retail adalah istilah yang digunakan penjual ketika sepatu yang dijualnya kondisinya BNIB namun harganya di bawah harga toko resmi/retailnya.





Material





Reflective Material (3M) adalah sebuah teknologi reflektif yang sering diaplikasikan dalam sneakers buatan korporat Minnesota Mining and Manufacturing Company.





Ingin tahu istilah yang sering digunakan pada industri garmen, seperti bahan dan teknik produksi? Coba aja ke daftar istilah pada deskripsi produk garmen (baju, sepatu, dll.).





Ada request istilah yang harus didefinisikan lagi? Silakan komen :D


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ciri-ciri Kaos GUESS asli

Ciri-ciri kaos Guess asli. Tidak harus beli di official store ~ Kalau kamu ingin kaos branded yang satu ini sebenarnya tidak harus membeli di official store untuk mendapatkan yang original. Ada beberapa seller yang menjual produk asli juga bahkan secara online. Yang terpenting adalah kamu tahu bagaimana cara membedakan antara yang KW dan yang asli. Brand Guess sendiri memiliki banyak kategori produk. Selain kaos untuk pria dan wanita, kamu juga dapat menemukan berbagai fashion lainnya di bawah brand yang satu ini. Bahkan Guess juga memproduksi fashion untuk anak-anak, termasuk aksesoris, seperti tas, jam tangan, hingga ikat pinggang. Jika kamu hendak membeli item yang dibuat oleh Guess maka kamu harus ekstra hati-hati. Sebab banyak sekali Guess KW yang dijual. Apalagi yang dijual secara online. Jika tidak tahu cara membedakan yang tepat, bisa-bisa kena tipu banyak. Oke langsung aja ya… Ciri-ciri kaos Guess yang asli Lihat kualitas bahan yang digunakan Kamu dapat melihat kualitas dari b

Ciri-Ciri Tas Kenzo Asli: Bagaimana Supaya Kamu tak Tertipu

Kenzo Paris adalah produsen produk fashion untuk wanita dan pria. Mulai tas wanita, backpacks, hingga sunglasses juga diproduksi oleh Kenzo. Sekarang kami tidak akan membahas produk lainnya. Fokus pembahasan adalah tasnya. Mirip dengan brand lainnya yang tidak kalah terkenal, ternyata brand Kenzo ini juga banyak yang fakenya dijual di pasaran. Terkecuali membeli di website resminya di Kenzo.com, mal, atau distributor resmi yang lain. Maka tak menutup kemungkinan kamu salah membeli produk yang palsu. Untuk membedakan mana tas Kenzo yang asli dan yang palsu, sebenarnya hampir sama seperti cara membedakan tas branded lainnya. Oke tanpa panjang lebar, akan kami tuliskan lagi supaya kamu tak salah beli, antara lain: Membedakan tas selempang KW contoh tas Kenzo KW super Nah produk yang paling banyak dicari di Indonesia dari brand Kenzo adalah tas selempangnya. Atau biasanya banyak penjual online yang menuliskan nama produk di lapaknya waistbag. Sebenarnya dengan sekali lihat kamu sudah tahu

Ciri-ciri kaos Play Comme des GarƧons original

Ciri-Ciri Kaos CDG Play Asli. Ini Yang Harus Kamu Check ~ Brand ini merupakan brand yang berasal dari negara Prancis. Tahu sendiri kan kalau negara Prancis itu terkenal dengan fashionnya yang mendunia. Banyak desain-desain yang bagus, mulai dari pakaian hingga sepatu. Tetapi sekarang yang akan kita bahas adalah produk kaosnya. Memang Comme des Garcons ini juga memproduksi T-Shirt. Jangan salah walaupun hanya T-Shirt tetapi harganya bisa jutaan rupiah, itu kalau yang asli. Kalau yang palsu harganya lebih murah. Sebelum membahas lebih jauh, kamu harus tahu kalau CDG ini tidak hanya memproduksi T-Shirt saja tetapi juga berbagai produk fashion lainnya seperti aksesoris dan parfum. Walaupun brand ini adalah brand Prancis tetapi berbagai produk fashion CDG sangat terkenal di negara sakura dan juga di Asia, termasuk di Indonesia. Jika kamu hendak membeli kaos CDG Play, baca dulu nih beberapa ciri-ciri yang original agar tidak terjebak membeli yang bajakan ya. Daftar ciri-ciri kaos CDG Play as