Langsung ke konten utama

Cara membedakan jersey timnas (2014) original & kw

Kali ini BC bakal ngebahas tentang jersey Timnas Indonesia musim 14/18 yang masih beredar di pasar per-jersey-an Indonesia sampai dengan sekarang.

Yang bakal dibahas adalah perbedaan jersey timnas Indonesia musim 14/18 yang di release secara official oleh Nike dengan jersey Timnas Indonesia 14/18 KW atau sering disebut sebagai Grade Ori.

Postingan ini dibuat bertujuan untuk memberikan informasi tentang perbedaan antara jersey yang original / official dari Nike dengan yang KW / non original.

Case study kali ini menggunakan sampel jersey tim nasional Indonesia untuk tahun 2014-2018. Kalo kalian sedang mencari bahasan untuk jersey timnas yang baru (2018), ada di postingan yang itu. Apakah postingan ini bisa dijadikan acuan untuk tim nasional negara lain (Prancis, Kroasia, dll.)? Kurang lebih bisa, asalkan apparel-nya sama-sama Nike dan Made in Indonesia.

Selingan aja ini, gara-gara Kroasia dan Prancis masuk final kemaren, ada yang jualan jersey KW/grade ori seharga Rp3 juta. Dikasih embel-embel limited edition pula. Kejar setoran naik haji dah sellernya.

Black tab


jersey timnas indonesia ori vs kw black tab

Dimulai dengan melihat perbedaan dengan Nike Authentic Black-tab.

Kiri : KW

Pada Black-tab jersey KW tidak terdapat tahun musim jersey tersebut diluncurkan (release) pertama kali. Tidak terdapat benang hologram silver dibawah tulisan Authentic. Dan tidak terdapat nomor seri Black-tab.

Black tab yang seperti ini biasanya untuk jersey teamwear.

Kanan : Original by Nike

Pada jersey original terdapat tahun release jersey, benang hologram silver yang melintang di bawah tulisan Authentic dan terdapat kode angka Black-tab. Apabila kalian punya lensa macro bisa melihat detil pada hologram silver tersebut bentuk swoosh nike.

Tag/Label


jersey timnas indonesia ori vs kw label tag

Perbedaan selanjutnya kita akan membandingkan Tag Label.

Kiri : Jersey KW / Non Original 

Baju terlihat berukuran XL (Extra Large) namun label pada kertas berwarna biru, yang seharusnya berwarna hijau untuk ukuran XL. Pada kertas tag juga tidak terdapat sepesifikasi ukuran baju tersebut, yang seharusnya ada pada kertas tag tersebut. Yang cukup mengejutkan ada pada nomor artikel pakaian atau jersey sama dengan nomor artikel jersey original Nike Indonesia Home 14/18. Dan terpampang juga nama perusahaan pembuat jersey. Para pembuat jersey KW sekarang sudah mulai menyamakan nomor artikel jersey KW dengan jersey original-nya. Meski ada beberapa bagian yang masih terlewat detilnya.

Kanan : Jersey original Nike 

Terdapat keterangan ukuran baju pada kertas tag, size XL dan tag kertas pada label berwarna hijau. Nomor artikel pakaian dan perusahaan pembuat jersey juga terpampang jelas.

Warna Label pada tag kertas jersey Nike dibedakan berdasarkan ukuran baju.
Size S : berwarna Kuning
Size M : berwarna Biru Muda
Size L : berwarna Merah
Size XL : berwarna Hijau
Size XXL ke atas atau one size : berwarna Putih.

Kerah dan jahitan


jersey timnas indonesia ori vs kw

Perbedaan secara fisik pada bagian kerah dan kerapian jahitan.

Kiri : Jersey KW / Non Original.

Pada jersey KW kalo kita perhatikan di bagian jahitan kerah, nampak jahitan yang melintang secara horizontal sangat tidak rapi dan terkesan amburadul. Kerah hijau pada bagian terluar juga bermaterialkan sama dengan bahan jersey. Untuk bagian kerah seharusnya bermaterialkan kain yang elastis. Pada bagian ujung V-neck berwarna putih juga terdapat jahitan yang kurang rapi dan presisi, kain terlipat dan tidak rapi.

Kanan : Jersey Original Nike.

Jersey Original Nike terlihat sangat rapi dan presisi pada setiap bagian yang kita bandingkan dengan jersey KW di atas. Dari mulai bagian dalam kerah, material kerah yang berwarna hijau, hingga detil dan bentuk jahitan pada bagian V-neck kerah yang berwarna putih.




Semoga dapat membantu gaes. Peace out!

[sc name="disclaimer"]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ciri-ciri Kaos GUESS asli

Ciri-ciri kaos Guess asli. Tidak harus beli di official store ~ Kalau kamu ingin kaos branded yang satu ini sebenarnya tidak harus membeli di official store untuk mendapatkan yang original. Ada beberapa seller yang menjual produk asli juga bahkan secara online. Yang terpenting adalah kamu tahu bagaimana cara membedakan antara yang KW dan yang asli. Brand Guess sendiri memiliki banyak kategori produk. Selain kaos untuk pria dan wanita, kamu juga dapat menemukan berbagai fashion lainnya di bawah brand yang satu ini. Bahkan Guess juga memproduksi fashion untuk anak-anak, termasuk aksesoris, seperti tas, jam tangan, hingga ikat pinggang. Jika kamu hendak membeli item yang dibuat oleh Guess maka kamu harus ekstra hati-hati. Sebab banyak sekali Guess KW yang dijual. Apalagi yang dijual secara online. Jika tidak tahu cara membedakan yang tepat, bisa-bisa kena tipu banyak. Oke langsung aja ya… Ciri-ciri kaos Guess yang asli Lihat kualitas bahan yang digunakan Kamu dapat melihat kualitas dari b

Ciri-Ciri Tas Kenzo Asli: Bagaimana Supaya Kamu tak Tertipu

Kenzo Paris adalah produsen produk fashion untuk wanita dan pria. Mulai tas wanita, backpacks, hingga sunglasses juga diproduksi oleh Kenzo. Sekarang kami tidak akan membahas produk lainnya. Fokus pembahasan adalah tasnya. Mirip dengan brand lainnya yang tidak kalah terkenal, ternyata brand Kenzo ini juga banyak yang fakenya dijual di pasaran. Terkecuali membeli di website resminya di Kenzo.com, mal, atau distributor resmi yang lain. Maka tak menutup kemungkinan kamu salah membeli produk yang palsu. Untuk membedakan mana tas Kenzo yang asli dan yang palsu, sebenarnya hampir sama seperti cara membedakan tas branded lainnya. Oke tanpa panjang lebar, akan kami tuliskan lagi supaya kamu tak salah beli, antara lain: Membedakan tas selempang KW contoh tas Kenzo KW super Nah produk yang paling banyak dicari di Indonesia dari brand Kenzo adalah tas selempangnya. Atau biasanya banyak penjual online yang menuliskan nama produk di lapaknya waistbag. Sebenarnya dengan sekali lihat kamu sudah tahu

Ciri-ciri kaos Play Comme des Garçons original

Ciri-Ciri Kaos CDG Play Asli. Ini Yang Harus Kamu Check ~ Brand ini merupakan brand yang berasal dari negara Prancis. Tahu sendiri kan kalau negara Prancis itu terkenal dengan fashionnya yang mendunia. Banyak desain-desain yang bagus, mulai dari pakaian hingga sepatu. Tetapi sekarang yang akan kita bahas adalah produk kaosnya. Memang Comme des Garcons ini juga memproduksi T-Shirt. Jangan salah walaupun hanya T-Shirt tetapi harganya bisa jutaan rupiah, itu kalau yang asli. Kalau yang palsu harganya lebih murah. Sebelum membahas lebih jauh, kamu harus tahu kalau CDG ini tidak hanya memproduksi T-Shirt saja tetapi juga berbagai produk fashion lainnya seperti aksesoris dan parfum. Walaupun brand ini adalah brand Prancis tetapi berbagai produk fashion CDG sangat terkenal di negara sakura dan juga di Asia, termasuk di Indonesia. Jika kamu hendak membeli kaos CDG Play, baca dulu nih beberapa ciri-ciri yang original agar tidak terjebak membeli yang bajakan ya. Daftar ciri-ciri kaos CDG Play as