Langsung ke konten utama

Rexus Earphone EP1 (Review Uji Ketahanan)

Mintek mau belajar ngereview nih. Kali ini yang direview adalah Rexus Earphone EP1 with earhook. Di judul, Mintek sertakan keterangan uji ketahanan karena memang itulah inti review kali ini. Jenis ulasan yang sudah menguji coba sebuah produk untuk waktu yang cukup, bukan hanya hands-on review atau mereview barang hanya berdasarkan spesifikasinya tanpa membeli dan mencoba sendiri (lho kok julid).

Disclaimer (banyak :D) dan latar belakang

Mintek bukan seorang audiophile. Mintek hanya mengulas dari kacamata seorang pengguna biasa. Jadi untuk hal yang terlalu teknis gitu belum bisa bacot lebih lanjut.

Sementara, gambar-gambar Mintek comot dari Rexus-nya langsung ya. Masih males foto-foto hehe.

Mintek memutuskan untuk membeli earphone ini karena memang lagi butuh. Earphone bawaan smartphone (Samsung) rusak alias cuma bunyi sebelah doang. Tapi karena miskin, jadi budget untuk earphone ini tidak banyak. Maksimal Rp200.000 lah ya.

Beruntung, pas banget nih official store Rexus di Tokopedia ngadain flash sale untuk salah satu earphone entry level-nya, yakni Rexus EP1. Ya sudah, Mintek beli deh. Pembelian dilakukan pada 11 Agustus 2018 dan diterima pada 14 Agustus 2018. Jadi, kurang lebih postingan ini ngebacot soal bulan madu selama kurang lebih 4 bulan dengan Rexus EP1.

Rexus?

Brand apa ini? Setelah kepo, ternyata Rexus ini brand lokal lho! Lebih jelasnya, brand lokal yang produksinya Made in China. Lho ya gapapa dong sah sah saja. Brand segede Nike pun yang dari AS sana juga punya pabrik di negara lain. Ah pokoknya lebih lanjut tentang Rexus, kalian bisa kepo di website resminya (rexus.id) . Lengkap banget, sampai visi misi dan penjelasan logo-nya pun ada.

Mintek tahu Rexus dari mana? Ya dari rutinitas cek flash sale di Tokopedia, ini brand lumayan sering berpartisipasi.

Spesifikasi Rexus EP1

Copas ah.

Rexus Earphone With Earhook EP1

Earphone ini dipersembahkan untuk kaum urban yang modern dan dinamis. Dilengkapi dengan earhook, Rexus Earphone EP1 terpasang secara nyaman dan aman di telinga sehingga bisa digunakan dalam durasi waktu yang lama dan dalam berbagai aktivitas, baik luar maupun di dalam ruangan.

– Dilengkapi dengan earhook sehingga nyaman digunakan dan tak mudah jatuh saat digunakan beraktivitas.
– Karakteristik suara detil, dengan suara bas yang ””warm”’.
– Didukung fitur noise reduction yang efektif meredam distorsi suara dari luar.
– Dilengkapi dengan mikrofon sehingga bisa digunakan untuk menerima telepon.

Spesifikasi :
Jenis earphone: Earphone multi-fungsi (mic + audio)
Product model: EP1
Diameter speaker: 10mm
Sensitivitas: 97dB 3Db
Hambatan: 16′
Daya maksimum: 20Mw
Rentang frekuensi: 20 – 20.000Hz
Panjang kabel: 1,2M
Diameter konektor: 3,5mm

Fitur Unggulan

3 Pilihan Ukuran Earhook
Terdapat tiga pilihan ukuran earhook yang dapat disesuaikan dengan ukuran daun telinga sehingga daya kait ke telinga lebih erat, tidak mudah jatuh, dan tetap nyaman.

3 Pilihan Earcap Peredam Bising
Dalam kemasan Rexus Earphone EP1, terdapat tiga pilihan pilihan earcap dengan ukuran berbeda sehingga bisa disesuaikan dengan besar lubang telinga. Penggunaan earcap yang sesuai dapat menahan suara dari luar sehingga suara bising dapat tereduksi dengan baik.

Earphone Multi-fungsi
Earphone ini sangat baik digunakan untuk mendengarkan musik sekaligus menerima panggilan telepon saat tersambung dengan ponsel Anda. Dilengkapi dengan mikrofon dengan sensitivitas tinggi, suara Anda akan terdengar jernih di telinga lawan bicara Anda.

Komponen driver berkualitas
Perangkat ini dilengkapi komponen driver (magnet, membran, dan koil) berkualitas yang akan memproduksi suara yang berkualitas dan mempunyai durabilitas tinggi.

Rexus Made For Everyone!

Harga Rexus Earphone EP1

Harga aslinya Rp149.000. Tapi karena Mintek beli pas lagi diskon flash sale, jadinya cuma Rp100.000 dan gratis ongkir (via Tokopedia pake kupon OSONGKIR) HAHAHA.

Kesan pertama, hands-on

Norak alert.

rexus ep1 box

WEH PACKAGINGNYA BAGUS NI. Masa iya earphone 100rebu bisa begini

rexus ep1 packaging

Uwoo magnet

rexus ep1 magnetic

Waaa ternyata begini toh earphone dengan earhook itu. Katrok.

Uwoo dapet pouch gratis

Uwoo beneran ada 3 pilihan earcup dan 3 pilihan earhook

rexus ep1 kelengkapan

Tes suara

Uji coba menggunakan audio-audio sesuai selera Mintek.

Mintek paling sering menggunakan earphone ini untuk mendengarkan musik dari Spotify, teman membuang waktu di jagat YouTube, dan sesekali mendengarkan podcast.

Untuk ngedengerin lagu (instrumen+vokal), dari bass sih ena. Elemen suara yang lain juga detail.

Sudah coba ngedengerin instrumental (lagu) doang juga oke.

Walau bukan my cup of tea, Mintek nyoba ngedengerin ambience tapi gak bertahan lama. Ya so-so lah. Earphone ini belum bisa membuat Mintek mesmerized dan ketagihan dengan yang namanya ambience.

Saking nganggurnya sampe nyobain ngedengerin suara-suara hypnosis di YouTube. Itu lho yang kayak “dengerin musik ini dan 10 menit kemudian warna pupil mata kamu bisa berubah lebih menghijau! Bekas jerawatmu bisa hilang kalo rajin ngedengerin ini!”. Yes, it sounds stupid. Does it work though? Mboh gaes.

Sudah coba nongkrongin channel-channel 8D Audio juga oke. Apalagi kalo sambil merem. Rekomendasi channel 8d: 8D Tunes. Itu yang menurut Mintek paling konsisten.

Untuk ngedengerin orang ngomong (cth: podcast) juga enak. Kalo si orang ambil nafas gitu bisa kedengeran kok.

Apakah isolasi dari earphone ini bagus? Menurut Mintek sih bagus. Mintek sukses jadi budeg setiap kali pake earphone ini, yang berakhir pada Mintek selalu kaget dan hampir lompat dari kursi setiap dicolek orang gara-gara diajak ngomong gak nengok. Cocok untuk yang ingin kabur dari kejamnya dunia. Fokus juga bisa meningkat. Dikit sih.

Review macam apa ini.

Kesimpulannya: overall oke banget untuk penggunaan sehari-hari versi Mintek.

Bagus mana?

Karena Mintek gak punya banyak pengalaman dengan earphone lain, jadi ditulis seadanya saja ya. Tentunya, Mintek hanya membandingkan dengan earphone yang sekelas/range harga sama.

Bagus mana sama earphone Miniso? Yakali. Jelas bagusan Rexus EP1 lah.

Bagus mana sama earphone bawaan Samsung? Bagus ini.

Bagus mana sama earphone JBL T110? Bagus ini.

Tes kenyamanan

Rekor Mintek pakai earphone ini tanpa dilepas itu sekitar 8 jam. Masih nyaman. Kuping gak merah.

Untuk posisinya, Mintek pernah pake earphone ini sambil tidur menyamping juga masih enak.

Tes ketahanan

Setelah dipakai selama kurang lebih 4 bulan, apakah ada yang berubah? Apakah ada kualitas yang berkurang? Seperti suara yang tidak segahar waktu baru? Gak.

Apakah kabelnya mulai rewel? Gak.

Apakah saking seringnya colok-lepas, si jack jadi ‘lecek’ dan ‘longgar’? Gak.

Apakah kerapatan/daya cengkeram earcup maupun earhook berkurang? Gak.

Kekurangan dan kesimpulan akhir

Kalo kata reviewer-reviewer lain yang (sepertinya) lebih tahu di Tokopedia sana, mereka menyayangkan kualitas kabel yang (sepertinya) ringkih. Tapi Mintek gak mempersalahkan hal ini karena menurut Mintek kabelnya ok-ok saja dan gak terlihat murahan. Kalo Mintek ngibul ke orang lain dan bilang ini earphone seharga 200-500k pun masih masuk akal.

Intinya, Mintek merekomendasikan earphone ini. Okesip.

Mohon maaf atas unsur ‘semau gue’ dalam review ini. Namanya juga gak diendorse, jadi ya gak pakek sugarcoat ala ala. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ciri-ciri Kaos GUESS asli

Ciri-ciri kaos Guess asli. Tidak harus beli di official store ~ Kalau kamu ingin kaos branded yang satu ini sebenarnya tidak harus membeli di official store untuk mendapatkan yang original. Ada beberapa seller yang menjual produk asli juga bahkan secara online. Yang terpenting adalah kamu tahu bagaimana cara membedakan antara yang KW dan yang asli. Brand Guess sendiri memiliki banyak kategori produk. Selain kaos untuk pria dan wanita, kamu juga dapat menemukan berbagai fashion lainnya di bawah brand yang satu ini. Bahkan Guess juga memproduksi fashion untuk anak-anak, termasuk aksesoris, seperti tas, jam tangan, hingga ikat pinggang. Jika kamu hendak membeli item yang dibuat oleh Guess maka kamu harus ekstra hati-hati. Sebab banyak sekali Guess KW yang dijual. Apalagi yang dijual secara online. Jika tidak tahu cara membedakan yang tepat, bisa-bisa kena tipu banyak. Oke langsung aja ya… Ciri-ciri kaos Guess yang asli Lihat kualitas bahan yang digunakan Kamu dapat melihat kualitas dari b

Ciri-Ciri Tas Kenzo Asli: Bagaimana Supaya Kamu tak Tertipu

Kenzo Paris adalah produsen produk fashion untuk wanita dan pria. Mulai tas wanita, backpacks, hingga sunglasses juga diproduksi oleh Kenzo. Sekarang kami tidak akan membahas produk lainnya. Fokus pembahasan adalah tasnya. Mirip dengan brand lainnya yang tidak kalah terkenal, ternyata brand Kenzo ini juga banyak yang fakenya dijual di pasaran. Terkecuali membeli di website resminya di Kenzo.com, mal, atau distributor resmi yang lain. Maka tak menutup kemungkinan kamu salah membeli produk yang palsu. Untuk membedakan mana tas Kenzo yang asli dan yang palsu, sebenarnya hampir sama seperti cara membedakan tas branded lainnya. Oke tanpa panjang lebar, akan kami tuliskan lagi supaya kamu tak salah beli, antara lain: Membedakan tas selempang KW contoh tas Kenzo KW super Nah produk yang paling banyak dicari di Indonesia dari brand Kenzo adalah tas selempangnya. Atau biasanya banyak penjual online yang menuliskan nama produk di lapaknya waistbag. Sebenarnya dengan sekali lihat kamu sudah tahu

Ciri-ciri kaos Play Comme des Garçons original

Ciri-Ciri Kaos CDG Play Asli. Ini Yang Harus Kamu Check ~ Brand ini merupakan brand yang berasal dari negara Prancis. Tahu sendiri kan kalau negara Prancis itu terkenal dengan fashionnya yang mendunia. Banyak desain-desain yang bagus, mulai dari pakaian hingga sepatu. Tetapi sekarang yang akan kita bahas adalah produk kaosnya. Memang Comme des Garcons ini juga memproduksi T-Shirt. Jangan salah walaupun hanya T-Shirt tetapi harganya bisa jutaan rupiah, itu kalau yang asli. Kalau yang palsu harganya lebih murah. Sebelum membahas lebih jauh, kamu harus tahu kalau CDG ini tidak hanya memproduksi T-Shirt saja tetapi juga berbagai produk fashion lainnya seperti aksesoris dan parfum. Walaupun brand ini adalah brand Prancis tetapi berbagai produk fashion CDG sangat terkenal di negara sakura dan juga di Asia, termasuk di Indonesia. Jika kamu hendak membeli kaos CDG Play, baca dulu nih beberapa ciri-ciri yang original agar tidak terjebak membeli yang bajakan ya. Daftar ciri-ciri kaos CDG Play as