Langsung ke konten utama

Daftar istilah pada deskripsi produk garmen (baju, sepatu, dll.)


Sebagian besar brand fesyen (baik lokal maupun global) selalu memberikan informasi lengkap mengenai deskripsi atau spesifikasi produk yang mereka jual. Entah itu bahan atau material yang digunakan, hingga saran memilih ukuran. Kadang, ada istilah aneh dan asing dalam deskripsi produk tersebut. Nah, artinya apa ya kira-kira?





Latar belakang dibuatnya daftar istilah ini berawal dari saya yang cengo waktu pertama kali baca deskripsi produk di salah satu brand lokal women's outerwear:





Material: balotelli





Balotelli yang saya tahu:





balotelli why always me




Bukannya nama bahan/kain :(





Leggo!
Oh ya, urut abjad.





Istilah terkait bahan / material / kain





Jacquard





Jacquard adalah salah satu jenis bahan katun yang highly-textured dengan pola/pattern woven yang memiliki efek timbul pada kainnya. Karena udah bertekstur, jadi bahan jacquard hampir gak pernah ada sablonannya. Jacquard sering digunakan untuk membuat sweater, kemeja, dan kaos dengan pattern floral atau animal.





Katun poplin





Katun poplin bentukannya hampir mirip dengan katun jepang. Cenderung lebih lembut, jatuh, menyerap keringat (tanpa jeplak). Ga nerawang.





Katun viscose





Viscose cotton ini jenis bahan yang adem banget, jatuh dan ngikutin badan. Dipakainya nyaman, kainnya enteng, nyerap keringat (ya karena katun). Walau nyerap keringat tapi gak sampe jiplak keringat. Beda dengan bahan sejenis wolfis/twiscone/peachskin/satin yang cenderung lebih panas dan tidak menyerap keringat.





Twill





Ketika kamu melihat adanya istilah cotton twill itu berarti jenis bahan yang punya weave dengan pattern diagonal dan paralel. Sering digunakan untuk membuat celana dan outerwear.










Istilah terkait teknik pemrosesan produk





Contrast stitching





Pada umumnya, produk garmen punya jahitan yang namanya tonal stitching di mana warna benang jahitnya senada dengan warna garmen, atau contrast stitching. Seperti namanya (kontras), benang jahitnya disengaja agar ngejreng alias stands out dari warna dasar garmen. Walau kesannya kayak gak begitu penting, tapi brand-brand macem Polar Skate Co. dan A-COLD-WALL* menjadikan teknik ini sebagai salah satu andalan mereka.





Garment dyed





Sering digunakan oleh brand teknikal seperti Stone Island dan Nemen, istilah garment dyed pada deskripsi produk (terutama techwear) maksudnya adalah proses di mana sebuah garmen dibuat dari benang warna dasar abu-abu atau monokrom kemudian baru diwarnai dengan warna-warna lain setelah garmennya jadi.





Loopback





Loopback adalah salah satu teknik rajutan yang ciri-cirinya ada loop/simpul khas di bagian dalam kain, sering ditemukan dalam produk sweater. Istilah ini berasal dari nama mesin rajut tradisional: loopwheel yang awalnya teknik ini ada bertujuan untuk menjaga kehangatan sehingga menimbulkan yang namanya insulating layer.





Shell





Shell ini bukan merek bensin yang onoh ya. Shell ini maksudnya adalah material atau lapisan luar dari bahan garmen yang sifatnya waterproof, biasanya polyester atau nylon, yang diletakkan sebagai material teratas (dua atau tiga layer) dari jaket atau gear (outdoor) lainnya.





Virgin wool





Ini maksudnya bukan bahan kain wol dari domba yang masih perawan/perjaka ya. Virgin wool ini maksudnya bulu yang diambil sebagai bahan dasar membuat wol ini diambil dari pencukuran paling pertama dari seekor domba, di mana kualitasnya masih paling bagus dan paling lembut.










Istilah terkait cutting / pola / konstruksi





Camp collar





Camp collar juga sering disebut sebagai Cuban atau kemeja kerah bowling. Camp collar adalah jenis opening kemeja ala-ala tahun 50an dengan lapel quasi-mini dan kancing yang letaknya sedikit lebih rendah daripada kemeja lain, contoh kemeja lain ya anggap saja kemeja Oxford lah. Jenis kerah ini sekarang seperti sudah jadi standar untuk kemeja santai / summer shirt / kemeja pantai.





Drop shoulder





Sweater dan kaos dengan konstruksi dropped shoulders tujuannya ya supaya kesannya bahu lebih lebar. Biasa digunakan pada garmen dengan boxy atau relaxed fit.





Raglan sleeves





Atasan berlengan raglan termasuk lengan yang memanjang hingga ke garis leher, dengan jahitan diagonal dari lubang lengan ke leher. Istilah ini dapat ditelusuri kembali ke Lord Raglan, yang dikatakan telah mengadopsi mantel dengan gaya ini dalam mencari kebebasan bergerak yang lebih besar setelah kehilangan lengannya dalam Pertempuran Waterloo.










Ilustrasi nyusul ya, masih males. Silakan yang mau usul mau bahas istilah apaan ya, yang mau ngasih penjabaran juga boleh.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ciri-ciri Kaos GUESS asli

Ciri-ciri kaos Guess asli. Tidak harus beli di official store ~ Kalau kamu ingin kaos branded yang satu ini sebenarnya tidak harus membeli di official store untuk mendapatkan yang original. Ada beberapa seller yang menjual produk asli juga bahkan secara online. Yang terpenting adalah kamu tahu bagaimana cara membedakan antara yang KW dan yang asli. Brand Guess sendiri memiliki banyak kategori produk. Selain kaos untuk pria dan wanita, kamu juga dapat menemukan berbagai fashion lainnya di bawah brand yang satu ini. Bahkan Guess juga memproduksi fashion untuk anak-anak, termasuk aksesoris, seperti tas, jam tangan, hingga ikat pinggang. Jika kamu hendak membeli item yang dibuat oleh Guess maka kamu harus ekstra hati-hati. Sebab banyak sekali Guess KW yang dijual. Apalagi yang dijual secara online. Jika tidak tahu cara membedakan yang tepat, bisa-bisa kena tipu banyak. Oke langsung aja ya… Ciri-ciri kaos Guess yang asli Lihat kualitas bahan yang digunakan Kamu dapat melihat kualitas dari b

Ciri-Ciri Tas Kenzo Asli: Bagaimana Supaya Kamu tak Tertipu

Kenzo Paris adalah produsen produk fashion untuk wanita dan pria. Mulai tas wanita, backpacks, hingga sunglasses juga diproduksi oleh Kenzo. Sekarang kami tidak akan membahas produk lainnya. Fokus pembahasan adalah tasnya. Mirip dengan brand lainnya yang tidak kalah terkenal, ternyata brand Kenzo ini juga banyak yang fakenya dijual di pasaran. Terkecuali membeli di website resminya di Kenzo.com, mal, atau distributor resmi yang lain. Maka tak menutup kemungkinan kamu salah membeli produk yang palsu. Untuk membedakan mana tas Kenzo yang asli dan yang palsu, sebenarnya hampir sama seperti cara membedakan tas branded lainnya. Oke tanpa panjang lebar, akan kami tuliskan lagi supaya kamu tak salah beli, antara lain: Membedakan tas selempang KW contoh tas Kenzo KW super Nah produk yang paling banyak dicari di Indonesia dari brand Kenzo adalah tas selempangnya. Atau biasanya banyak penjual online yang menuliskan nama produk di lapaknya waistbag. Sebenarnya dengan sekali lihat kamu sudah tahu

Ciri-ciri kaos Play Comme des Garçons original

Ciri-Ciri Kaos CDG Play Asli. Ini Yang Harus Kamu Check ~ Brand ini merupakan brand yang berasal dari negara Prancis. Tahu sendiri kan kalau negara Prancis itu terkenal dengan fashionnya yang mendunia. Banyak desain-desain yang bagus, mulai dari pakaian hingga sepatu. Tetapi sekarang yang akan kita bahas adalah produk kaosnya. Memang Comme des Garcons ini juga memproduksi T-Shirt. Jangan salah walaupun hanya T-Shirt tetapi harganya bisa jutaan rupiah, itu kalau yang asli. Kalau yang palsu harganya lebih murah. Sebelum membahas lebih jauh, kamu harus tahu kalau CDG ini tidak hanya memproduksi T-Shirt saja tetapi juga berbagai produk fashion lainnya seperti aksesoris dan parfum. Walaupun brand ini adalah brand Prancis tetapi berbagai produk fashion CDG sangat terkenal di negara sakura dan juga di Asia, termasuk di Indonesia. Jika kamu hendak membeli kaos CDG Play, baca dulu nih beberapa ciri-ciri yang original agar tidak terjebak membeli yang bajakan ya. Daftar ciri-ciri kaos CDG Play as