Langsung ke konten utama

Cara membedakan Champion original & kw


Bahasan kali ini adalah membedah ciri-ciri hoodie, sweater, kaos merek Champion yang original (asli) dan kw (palsu). Hoodie (dan apparel lain) Champion yang seri apa? Hmm... campur-campur sih, secara general dulu ajah kali ya... ✌️





Ciri-ciri hoodie Champion kw





Ciri-ciri Champion fake paling mudah dipahami:





  1. Salah font, pakai font logo untuk Europe Market padahal tag-tagnya untuk Japan Market (japmar). Bisa dilihat dimananya? Bedanya ada di huruf "P" yang besar.
  2. Bahan hoodienya juga beda, khususnya untuk yang abu-abu misty. Kalau di gambar sih abu misty tapi salur misty-nya itu gelap banget jadi gak ngeblend sama abu-abu warna dasarnya. Kalau sering lihat kaos atau apparel lain warna abu misty pasti tahu lah ya standarnya kaya gimana. Untuk ini, kalian bisa cek detail di Google, dengan cara tulis kode 'C3-J117' dan bandingkan dengan barang yang kalian punya.




Beberapa faktor-faktor yang bisa dipentelengin kalo untuk hoodie: tag size, tag wash, jahitan tag, hand logo c, sama font script nya (kalo hoodienya script logo).





Lebih jelasnya cek gambar (+penjelasan) di bawah ini aja ya. Kalo kurang gede silakan dizoom sendiri ampunn.





ciri ciri champion fake








Contoh hoodie Champion fake





Dari logotype-nya (font yang dipakai di Big Script Logo).





hoodie champion fake




Dari logo 'C' di tangan.





hoodie champion fake hand logo c




Jahitan pada tag.





hoodie champion fake tag




Kerapihan jahitan.





hoodie champion fake jahitan




Wash tag.





hoodie champion fake wash tag




Perbandingan sweater Champion original dan kw





Juga beredar yang namanya 'Champion CMT' di mana pembuatan tidak dilakukan oleh pabrik official Champion, jadi detail-detailnya banyak yang ngaco, ada yang bilang kalo seri ini auto fake hehe. Oke ini beberapa ciri-cirinya:





  1. Pemasangan/jahitan tag ngawur: ga rapi, ga presisi.
  2. Hand logo 'c' tidak rapi, warna terlalu terang.
  3. Untuk seri di bawah (Champion crewneck/sweater/sweatshirt bordir big script) sepengetahuan sih ga ada warna full white, yang ada hanya putih misty dan abu misty.
  4. Karet/rib lengan kw lebih soft, sedangkan yang ori jenisnya yang lebih kelihatan garis-garis karetnya.
  5. Tata letak tag yang tidak presisi (terlalu ke atas, ke bawah, atau miring) serta jahitan tag yang ngawur.
  6. Coba cek kode pada wash tag, yang muncul di Google biasanya bakal beda (ya karena ga official).
  7. (tambahan dari BC) jenis bahan juga udah beda sih.




Berikut gambar pembandingnya.





Ori









Kw









Champion mirror 1:1 / perfect version ??





Seri: hoodie Champion big script logo.





  1. Jadi champion ini diproduksi di salah satu web yang memang memproduksi barang-barang fake best quality atau mirror bahkan hoodie script ini kalo dilihat lebih bagus mirornya daripada aslinya wkwkwk tapi fake ya tetap fake.
  2. Lihat pict hoodie script itu ada label. Tepat di kantung yang tulisannya champion usa nah champion resmi atau ori tidak pernah memasang label di kantung yang bentuknya seperti itu.
  3. Bagian pergelangan tangan/karet lengan pendek (lihat pict) yang ori tidak sependek itu.
  4. Champion ori atau resmi bordiran tidak ada yang timbul setebal itu dan tebal karena isi bordiran itu seperti karet jadi bordiran hanya menutupi karet tersebut dan bordiran ini tidak rapi jika dilihat dari dekat terdapat jahitan yang melompat-lompat.
  5. Untuk tag tidak ada tag champion ori yang bentuk dan gambarnya seperti itu.
  6. untuk bordiran hand logo C cukup rapih namun klo dilihat dari dekat dan diperhatikan baik-baik tidak serapih yang ori.








Seri: hoodie Champion big C logo.





  1. Tag Champion asli ga ada yang kayak gini.
  2. Karet/rib lengan pendek banget.
  3. Hand logo juga bisa sih jadi patokan tapi kadang2 yg miror ini beda jenis juga beda hand logonya.








Cara membedakan hoodie Champion original dan kw





membedakan hoodie champion ori kw




Cara membedakan kaos (dan apparel lain) Champion Heritage original dan kw





Untuk Champion Heritage, pantengin banget di tag dan hand logo 'c' nya ya.





fake champion heritage
champion heritage ori





Champion Reverse Weave





Akhirnya ada bahan juga buat update (28/5/19) postingan ini hehe. Bahas sedikit ah tentang Champion Reverse Weave.





  • Ciri-ciri hoodie Champion reverse weave itu ada 2 panel jahitan samping kanan dan kiri yang letaknya di kantong hoodie.
  • Secara perbandingan ukuran, ukuran japmar (asian fit) lebih kecil daripada reverse weave.
  • Gramasi bahan fleece reverse weave lebih besar/berat daripada japmar. Sebagai perbandingan, biasanya berat hoodie kalo dipaketin: japmar 0,5kg reverse weave 1kg. Heavyweight.




Tambahan





Harga





Sedikit update bahasan mengenai harga. Ya walaupun info ini bisa ketinggalan jaman udahan, karena kan soal harga ini gimana supply dan demand saat ini ya. Tapi secara umum sih...





Hoodie Champion yang harganya di bawah 800k itu antara kolongan pabrik atau japan market. Kalau reverse weave ga ada so far yang harga segitu, dan reverse weave juga setauku belom ada kolongan pabriknya.





Yang kolongan pabrik sendiri harusnya kemahalan kalo dijual 800k. Idealnya 285-400k. bootlegculture dulu pernah dapet 350k (dan sudah dijual huehuehue). Kenapa dijual? Buat modal beli yang lebih mahal dong *congkak* yang jelas bukan karena kualitas jelek kok, pas itu kedapetan yang sip barangnya. Nanti deh kapan-kapan dibahas (kalo inget dan gak males, seperti biasa).





Soal kualitas kolongan pabrik ya ini bisa dibilang hoki-hokian ya. Ada yang lengkap, dapet tag kerah. Ada yang tagnya digunting. Kolongan pabrik Indonesia ini tapi kualitasnya kalo dibandingkan yang di official store jelas beda.





Istilah-istilah yang biasa disebut





BC males-malesan sih bikin ini. Dan sebenarnya masing-masing istilah bisa jadi bahan postingan sendiri, kalau dijabarin semua di sini panjang dan bisa keluar dari topik. Kalau males nungguin bahasan dari BC (yang gak tau terealisasi kapan) sementara bisa Googling sendiri ya hehe peace. Bagaimanapun, BC selalu open discussion dan sharing dari kalian-kalian (ngemeng aja capek bikin konten).





  • Kanibalan
    Pake contoh aja ya. Misalnya nih ada seller nakal, dapet Champion tag cut/reject, terus dia jahitin sendiri tuh tagnya.
  • CMT adalah Cut, Make, Trim. Khusus hype-hype begini biasanya digeser dari arti aslinya untuk keperluan cuan.
  • Jaspo adalah Association of Japan Sporting Goods. Mohon maaf kalo ngehe banget kasih taunya.




Pertanyaan yang biasa terlontar





  • Champion CMT sudah pasti KW?




"jadi ini tuh barang cmt yang mana barang ini tidak dibuat dan diselesaikan oleh pabrik champion resminya atau official hanya bahan2 dari pabrik champion buangan atau tidak terpakai yang dibeli oleh oknum(orang luar) untuk memperoleh keuntungan lalu dibuat oleh dia sendiri yang cuma orang biasa ga ahli ga tau apa2 jadi detail2nya banyak yg ngawur, banyak yang salah, banyak yang beda dgn orinya atau kesimpulannya asal jadi."





  • Champion yang tag-nya JASPO sudah pasti KW?




Ga pasti.





  • Lantas, Champion yang benar-benar original resmi itu harga berapaan sih? Kasih price list dong semuanya, dari item-itemnya hoodie kaos dll terus klasifikasi lain kaya made in mana, market mana dll.




Ini beneran ada yang nanya gini gaes, cuman nanyanya di medsos ga komen dimari. Jawaban BC: ogah banget ngelist semuanya. Bisa jadi 1 postingan panjang lainnya. Buka web online retailer dan main-main ke offline store Champion kan bisa noh.





  • Hmm galak banget nanti pembaca lo kabur semua lho. Terus apa aja alamat web online retailer?




*nangis darah*
champion.com (yang sekarang info harganya sudah ada dalam IDR!)
ASOS, Urban Outfitters, dll
Yang retailer Indo, salah satunya bobobobo.com










Semua edukasi di atas kan sumbernya campur-campur. Nah kalo pendapat BC sendiri gimana? Gak seperti Fila Disruptor yang BC gak punya, Champion ini punya kok, jadi selain hobi pegang-pegang dan tanya-tanya, juga bisa lebih relate. Jadi ini ada tambahan dan wejangan dari BC ya. Tapi tetep yaa jangan minta legit check ke BC, share-diskusi ajah ayuk bareng-bareng.





  • Lagi-lagi mirip seperti Fila Disruptor, banyak seller aji mumpung yang ikutan jualan barang dan merek hype. Champion termasuk salah satunya. BC nemu juga lho toko yang untuk merek lain 100% original, tapi giliran Champion Heritage punya mereka KW. Kan miris ya, demi cuan. Tapi karena BC bukan website blacklist, jadi gabisa bocorin nama tokonya di sini. Yang jelas, sebelum kalian beli Champion APAPUN SELAIN DI OUTLET/TOKO ONLINE RESMINYA, cek dulu sedetil mungkin real pic yang mereka punya.
  • Kalo hoodie kan cek font dsb ya. Kalo kaos, biasanya BC malah gak perhatiin detil-detil tag, sablon, dll dulu. Kebiasaan aja sih karena pernah handle konveksi/garmen (halah show off) jadi ngecek kerapian jahitan dan biasanya nih, di bagian rib kerah kaos itu kelihatan kalo yang kw-tapi-ngaku-ori jelek.
  • Punya budget lebih? Beli baru dan di retailer resmi. Bedanya ga jauh-jauh amat kok.




[sc name="disclaimer"]

Komentar

  1. Gan mau tanya klo japan market apa made in china tag nya?

    BalasHapus
  2. Nah kalau untuk olshop yg trust buat beli hoodie champion ada ga?
    Ig:Cnsmarket, ig:prop.id, itu olshop gmn ya? Masih kurang bisa bedain kalau ngga lihat dan pegang langsung

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ciri-ciri Kaos GUESS asli

Ciri-ciri kaos Guess asli. Tidak harus beli di official store ~ Kalau kamu ingin kaos branded yang satu ini sebenarnya tidak harus membeli di official store untuk mendapatkan yang original. Ada beberapa seller yang menjual produk asli juga bahkan secara online. Yang terpenting adalah kamu tahu bagaimana cara membedakan antara yang KW dan yang asli. Brand Guess sendiri memiliki banyak kategori produk. Selain kaos untuk pria dan wanita, kamu juga dapat menemukan berbagai fashion lainnya di bawah brand yang satu ini. Bahkan Guess juga memproduksi fashion untuk anak-anak, termasuk aksesoris, seperti tas, jam tangan, hingga ikat pinggang. Jika kamu hendak membeli item yang dibuat oleh Guess maka kamu harus ekstra hati-hati. Sebab banyak sekali Guess KW yang dijual. Apalagi yang dijual secara online. Jika tidak tahu cara membedakan yang tepat, bisa-bisa kena tipu banyak. Oke langsung aja ya… Ciri-ciri kaos Guess yang asli Lihat kualitas bahan yang digunakan Kamu dapat melihat kualitas dari b

Ciri-Ciri Tas Kenzo Asli: Bagaimana Supaya Kamu tak Tertipu

Kenzo Paris adalah produsen produk fashion untuk wanita dan pria. Mulai tas wanita, backpacks, hingga sunglasses juga diproduksi oleh Kenzo. Sekarang kami tidak akan membahas produk lainnya. Fokus pembahasan adalah tasnya. Mirip dengan brand lainnya yang tidak kalah terkenal, ternyata brand Kenzo ini juga banyak yang fakenya dijual di pasaran. Terkecuali membeli di website resminya di Kenzo.com, mal, atau distributor resmi yang lain. Maka tak menutup kemungkinan kamu salah membeli produk yang palsu. Untuk membedakan mana tas Kenzo yang asli dan yang palsu, sebenarnya hampir sama seperti cara membedakan tas branded lainnya. Oke tanpa panjang lebar, akan kami tuliskan lagi supaya kamu tak salah beli, antara lain: Membedakan tas selempang KW contoh tas Kenzo KW super Nah produk yang paling banyak dicari di Indonesia dari brand Kenzo adalah tas selempangnya. Atau biasanya banyak penjual online yang menuliskan nama produk di lapaknya waistbag. Sebenarnya dengan sekali lihat kamu sudah tahu

Ciri-ciri kaos Play Comme des Garçons original

Ciri-Ciri Kaos CDG Play Asli. Ini Yang Harus Kamu Check ~ Brand ini merupakan brand yang berasal dari negara Prancis. Tahu sendiri kan kalau negara Prancis itu terkenal dengan fashionnya yang mendunia. Banyak desain-desain yang bagus, mulai dari pakaian hingga sepatu. Tetapi sekarang yang akan kita bahas adalah produk kaosnya. Memang Comme des Garcons ini juga memproduksi T-Shirt. Jangan salah walaupun hanya T-Shirt tetapi harganya bisa jutaan rupiah, itu kalau yang asli. Kalau yang palsu harganya lebih murah. Sebelum membahas lebih jauh, kamu harus tahu kalau CDG ini tidak hanya memproduksi T-Shirt saja tetapi juga berbagai produk fashion lainnya seperti aksesoris dan parfum. Walaupun brand ini adalah brand Prancis tetapi berbagai produk fashion CDG sangat terkenal di negara sakura dan juga di Asia, termasuk di Indonesia. Jika kamu hendak membeli kaos CDG Play, baca dulu nih beberapa ciri-ciri yang original agar tidak terjebak membeli yang bajakan ya. Daftar ciri-ciri kaos CDG Play as