Langsung ke konten utama

Perbedaan Vans Old Skool Global vs. Japan Market

Okeh, karena masih banyak yang bingung & bertanya-tanya "Apa sih bedanya OS japan & OS classic biasa?” maka bc siapkan satu postingan sendiri biar lebih lengkap dan rapi (sebelumnya sudah pernah disinggung di postingan Apa itu Vans Japan Market? ). Intinya sama kok, cuma postingan yang ini khusus buat Old Skool, studi kasus pake Old Skool BW.

Mohon diperhatikan untuk gambar perbandingan:
atas japan & bawah global

Release


Seri old skool japan terbilang cukup exclusive, karena apa? Karena seri japan ini hanya rilis di toko resmi yang ada di Japan & tidak rilis secara global.

Sementara oldskool classic bisa ditemukan di seluruh gerai vans store di seluruh dunia.
Banyak yang salah persepsi kalo vans japan itu vans made in japan, itu salah ya.

Shape


vans os bw japan vs global shape

Bentuk untuk vans os japan yang cenderung vintage, mungkin ketika orang ga tau mengira kalo vans japan adalah KW.

Berbeda dengan vans global yang lebih sexy look nya

Material


*subjective alert* Sebenarnya tidak jauh berbeda kualitasnya. Tapi kalo dari feel-nya bc, bagusan Japmar. Baik itu bahan suede maupun canvas-nya yang lebih tebal.

Stitching


Seri vans japan dari sisi jahitan bisa dibilang tidak begitu rapi, berbeda dengan vans global yang lebih rapi. Kenapa begitu? Ga tau ya, coba tanya ke yang jahit...

Heel patch


vans os bw japan vs global heel

Heelpatch vans japan lebih gede & tebal jika dibandingkan dengan vans classic global biasanya

Midsole


*subjective alert* Menurut bc, kualitas midsole lebih mantep punya Japan. Shape midsole-nya juga lebih naik ke atas ketimbang global yang cenderung flat.

Insole


vans os bw japan vs global insole

Untuk os japan menggunakan insole ultracush yang biasa di pake untuk seri Pro, tapi tidak bisa dilepas.

Dan sedangkan os classic, insole nya sama seperti vans classic pada umumnya

Jazz stripe


vans os bw japan vs global midsole

Karena os japan dibuat vintage look, maka jazz stripe-nya lebih gede daripada os classic biasa yang ramping dan menawan

Kode Waffle


vans os bw japan vs global waffle

Mana nih yang sering nanyain kode waffle? Hehe. bc bukan pedagang sepatu tapi entah kenapa sok ikut-ikutan sensi setiap ada yang nanya dan judge keaslian Vans hanya dari kode waffle.

Untuk seri japan semua kode waffle nya adalah R yang ada di belakang dekat dengan heelpatch.

Sedangkan untuk os classic macem-macem kodenya. INGAT waffle hanya kode produksi TIDAK menentukan legit/engga nya sepatu
Contoh : EVB, HF, GSI, PA, IFC , SCC, ICC, dll.

Sizing


[gallery link="none" columns="2" size="medium" ids="1164,1162"]

Tag size untuk size genap di vans japan berwarna putih & half size berwarna hitam

Untuk sizing agak sedikit berbeda di tag size, namun sebenarnya sama saja.

Contoh :
Os classic global : 9 US / 42 EUR / 27 CM
Os bw japan : 9 US / 42,5 EUR / 27 CM

Jadi buat kalian yang bingung sizing os japan & os classic biasa, disarankan berpatokan pada US & CM nya saja.
Untuk os japan half size tidak dicetak seperti “8,5 / 9,5” tetapi diganti dengan “8H , 9H” yang artinya “H = half”

Harga


Intinya, tergantung seller masang harga berapa. Sejauh ini sih hampir sama aja harganya di olshop-olshop Vans. Tapi sotoynya bc sih Japan Market yang resmi (kayak yang dijual di ABC-MART) itu sedikit lebih mahal daripada global. Eh, tergantung kurs ding, haha.

Kalo bandingin harga OS BW Japmar di webnya abc-mart dan OS BW Global di vans.com saat harganya dikonversikan ke IDR (tanpa ngitung cost lain ya seperti biaya pengiriman dll, ini hitungan kasar dari harga sepatunya saja) lebih mahal Japmar sedikit. Selisih Rp50-100ribu.

Tapi kenapa ada olshop yang jual Japmar lebih murah daripada Global? Hmm bc tidak tahu apakah ini rahasia dapur para seller atau tidak... Mereka dapetnya dari China langsung (negeri tempat diproduksinya Vans Japmar) jadi jatohnya lebih murah karena langsung, alias motong biaya shipping dari produsen ke retailer.




Yang masih kepo soal perbandingan dari segi lain seperti box-nya, langsung aja gaes ke postingan Perbedaan Vans Slip-on Checkerboard Global vs. Japan Market hehe.

Update: ada tambahan barangkali butuh nih, side-by-side comparison dalam bentuk video.

https://www.youtube.com/watch?v=T_y9eMEctuE

Gimana sudah paham? Kalo ada tambahan silahkan comment aja. Cheers! ?

Komentar

  1. Ooommmm aku liat di salah satu toko online jogja, kok jdm belum ultracush ya? Mohon pencerahan....

    BalasHapus
  2. Littlefootyk om.
    Coba aja intip yg postingan jdm.

    BalasHapus
  3. lah iya yak wkwkw jadi ikut bingung
    opini sotoy sementara: di caption seriesnya V36CL jadi mungkin yang ultracush itu V36CL+ ato Pro? wkwk buset sotoynya ampun

    edit: kata mereka sih versi yang bukan ultracush memang

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ciri-ciri Kaos GUESS asli

Ciri-ciri kaos Guess asli. Tidak harus beli di official store ~ Kalau kamu ingin kaos branded yang satu ini sebenarnya tidak harus membeli di official store untuk mendapatkan yang original. Ada beberapa seller yang menjual produk asli juga bahkan secara online. Yang terpenting adalah kamu tahu bagaimana cara membedakan antara yang KW dan yang asli. Brand Guess sendiri memiliki banyak kategori produk. Selain kaos untuk pria dan wanita, kamu juga dapat menemukan berbagai fashion lainnya di bawah brand yang satu ini. Bahkan Guess juga memproduksi fashion untuk anak-anak, termasuk aksesoris, seperti tas, jam tangan, hingga ikat pinggang. Jika kamu hendak membeli item yang dibuat oleh Guess maka kamu harus ekstra hati-hati. Sebab banyak sekali Guess KW yang dijual. Apalagi yang dijual secara online. Jika tidak tahu cara membedakan yang tepat, bisa-bisa kena tipu banyak. Oke langsung aja ya… Ciri-ciri kaos Guess yang asli Lihat kualitas bahan yang digunakan Kamu dapat melihat kualitas dari b

Ciri-ciri kaos Play Comme des Garçons original

Ciri-Ciri Kaos CDG Play Asli. Ini Yang Harus Kamu Check ~ Brand ini merupakan brand yang berasal dari negara Prancis. Tahu sendiri kan kalau negara Prancis itu terkenal dengan fashionnya yang mendunia. Banyak desain-desain yang bagus, mulai dari pakaian hingga sepatu. Tetapi sekarang yang akan kita bahas adalah produk kaosnya. Memang Comme des Garcons ini juga memproduksi T-Shirt. Jangan salah walaupun hanya T-Shirt tetapi harganya bisa jutaan rupiah, itu kalau yang asli. Kalau yang palsu harganya lebih murah. Sebelum membahas lebih jauh, kamu harus tahu kalau CDG ini tidak hanya memproduksi T-Shirt saja tetapi juga berbagai produk fashion lainnya seperti aksesoris dan parfum. Walaupun brand ini adalah brand Prancis tetapi berbagai produk fashion CDG sangat terkenal di negara sakura dan juga di Asia, termasuk di Indonesia. Jika kamu hendak membeli kaos CDG Play, baca dulu nih beberapa ciri-ciri yang original agar tidak terjebak membeli yang bajakan ya. Daftar ciri-ciri kaos CDG Play as

Ciri-Ciri Tas Kenzo Asli: Bagaimana Supaya Kamu tak Tertipu

Kenzo Paris adalah produsen produk fashion untuk wanita dan pria. Mulai tas wanita, backpacks, hingga sunglasses juga diproduksi oleh Kenzo. Sekarang kami tidak akan membahas produk lainnya. Fokus pembahasan adalah tasnya. Mirip dengan brand lainnya yang tidak kalah terkenal, ternyata brand Kenzo ini juga banyak yang fakenya dijual di pasaran. Terkecuali membeli di website resminya di Kenzo.com, mal, atau distributor resmi yang lain. Maka tak menutup kemungkinan kamu salah membeli produk yang palsu. Untuk membedakan mana tas Kenzo yang asli dan yang palsu, sebenarnya hampir sama seperti cara membedakan tas branded lainnya. Oke tanpa panjang lebar, akan kami tuliskan lagi supaya kamu tak salah beli, antara lain: Membedakan tas selempang KW contoh tas Kenzo KW super Nah produk yang paling banyak dicari di Indonesia dari brand Kenzo adalah tas selempangnya. Atau biasanya banyak penjual online yang menuliskan nama produk di lapaknya waistbag. Sebenarnya dengan sekali lihat kamu sudah tahu